Forum Humas BUMN Picu Perpecahan PWI Atas UKW Liar, Buntut Kucuran Dana Rp 6 M

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Forum Humas Badan Usaha Milik Negara (FH BUMN) baru-baru ini membuat kegiatan dengan menggelontorkan dana Rp 6 Miliar. Dana itu disalurkan ke pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

    Rupanya, pencairan dana miliaran rupiah tersebut merupakan realisasi kegiatan kerjasama antara Forum Humas BUMN dengan pengurus PWI Pusat. Sayangnya, dari Rp 6 Miliar dana yang disiapkan untuk kegiatan UKW, ternyata sudah dicairkan sebanyak Rp 4,6 Miliar secara bertahap untuk pelaksanaan UKW.

    Kontan saja pelaksanaan UKW yang hanya dilakukan di 10 provinsi ini dengan nilai Rp 4.6 Miliar menuai polemik di antara sesama pengurus PWI pusat. Kontan saja Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, Sasongko Tedjo membongkar kasus ini ke media untuk pertama kali. Gara-gara ada dugaan penyerahan cashback sebesar Rp 2,9 Miliar ke oknum pegawai BUMN.

    Sasongko Tedjo seperti dikutip Wartabanjar.com dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (06/04/2024), secara tegas meminta pengurus PWI pusat agar bantuan yang diberikan untuk UKW gratis di 30 provinsi. Bantuan itu seharusnya disalurkan secara utuh.

    Baca juga: Temui Menko Airlangga Hartarto, Ketua Kadin Bahas Tantangan Ekonomi Ke Depan

    “Tidak ada yang namanya cashback, fee atau potongan apapun, karena bantuan ini langsung perintah Presiden ke Menteri BUMN saat pengurus PWI bertemu dengan Presiden di Istana Negara, 7 November 2023”, kata Sasongko dalam keterangannya.

    Terkait hal itu, menurut Sasongko, beberapa pengurus PWI yang terlibat dalam permasalahan ini sudah dimintai klarifikasi dalam rapat Dewan Kehormatan.

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI