Pemimpin Tentara Bayaran ‘Wagner’ Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di Utara Moskow

    WARTABANJAR.COM, MOSKOW – Komandan tentara bayaran (Wagner), Yevgeny Prigozhin, yang memimpin pemberontakan bersenjata singkat melawan militer Rusia awal tahun ini, berada di dalam pesawat yang jatuh di utara Moskow pada hari Rabu, menewaskan 10 orang di dalamnya, menurut badan penerbangan sipil Rusia.

    Kecelakaan itu segera menimbulkan kecurigaan karena nasib pendiri perusahaan militer swasta Wagner telah menjadi subyek spekulasi yang intens sejak ia melakukan pemberontakan.

    Saat itu, Presiden Vladimir Putin mengecam pemberontakan tersebut sebagai “pengkhianatan” dan “tikaman dari belakang” dan berjanji akan membalasnya.

    Namun tuduhan terhadap Prigozhin segera dibatalkan, dan pemimpin Wagner diizinkan mundur ke Belarus, sementara dilaporkan kembali ke Rusia dari waktu ke waktu.

    Kecelakaan itu juga terjadi setelah media Rusia melaporkan bahwa seorang jenderal tinggi yang terkait dengan Prigozhin diberhentikan dari jabatannya sebagai komandan angkatan udara.

    Baca juga: Tergiur Jutaan Rupiah Dua Selebgram Promosikan Judi Online, Berujung Penjara

    Sebuah pesawat yang membawa tiga pilot dan tujuh penumpang dalam perjalanan dari Moskow ke St. Petersburg jatuh hampir 300 kilometer (185 mil) di utara ibu kota, menurut para pejabat yang dikutip oleh kantor berita Rusia Tass.

    Regulator penerbangan sipil Rusia, Rosaviatsia, dengan cepat melaporkan bahwa dia ada dalam manifes tersebut dan kemudian mengatakan bahwa, menurut maskapai penerbangan, dia memang ada di dalam manifes tersebut.

    Sebelumnya, Vladimir Rogov, seorang pejabat yang ditunjuk Rusia di wilayah Zaporizhzhia di Ukraina yang sebagian diduduki, mengatakan dia berbicara dengan komandan Wagner yang juga mengonfirmasi bahwa Prigozhin ada di dalamnya. Rekan utama Prigozhin, Dmitry Utkin, yang nama panggilannya Wagner menjadi nama perusahaan, juga demikian, menurut Rogov.

    Baca Juga :   Waspada Kabar Hoaks Ida Dayak Buka Praktek di Palangka Raya

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI