Hari Raya Idul Adha Diprediksi Berbeda, Muhammadiyah Usulkan Libur Dua Hari

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1444 H ormas Islam Muhammadiyah ditetapkan pada? Rabu 28 Juni 2023.

    Penetapan tersebut diprediksi berbeda dengan pemerintah yang berpotensi menetapkan Idul Adha pada Kamis 29 Juni 2023.

    Mengutip Muhammadiyah.or.id, terkait potensi perbedaan jadwal Idul Adha 1444 H itu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyampaikan usulan terkait libur lebaran Idul Adha 1444 H.

    Baca Juga

    Hujan Guyur Banjarmasin dan Palangka Raya Esok

    Pemerintah telah menetapkan tanggal 29 Juni 2023 sebagai hari libur nasional dalam rangka Idul Adha. Untuk itu, Mu’ti mengusulkan agar pada Rabu, 28 Juni 2023 juga menjadi hari libur nasional agar warga Muhammadiyah dapat melaksanakan Salat Id dengan tenang dan khusyuk.

    “Jadi liburnya dua hari, yaitu tanggal 28 atau 29 Juni 2023. Saya kira yang pegawai negeri setuju itu. Ini usul Pak Wakil Walikota, karena pernah ada warga Muhammadiyah yang menjadi ASN tidak ikut lebaran (Idul Adha) karena harus pergi ke kantor,” jelas Mu’ti.

    Usulan Mu’ti ini berlandaskan Pasal 29 ayat dua UUD NRI 1945, yang menyatakan negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing, dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya.

    “Barangkali ini ada, syukur bila jadi libur nasional. Kalau tidak bisa, mungkin bisa dibuat khusus untuk Kota Surakarta. Supaya apa? Supaya kita bisa melaksanakan ibadah dengan tenang yang itu dijamin oleh konstitusi,” tandasnya.(aqu/berbagai sumber)

    Editor Restu

    Baca Juga :   Sagitarius Saatnya Ambil Keputusan Penting! Cek Ramalan Zodiak Karir Hari Ini

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI