Siap-Siap! Menteri ESDM Beri Sinyal Pertalite dan Solar Dibatasi Mulai Agustus

WARTABANJAR.COM – Kabar penggunakan aplikasi MyPertamina untuk membeli BBM bersubsidi akan diwajibkan untuk roda empat per 1 Agustus 2022 yang dibantah oleh Pertamina bisa saja terjadi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif berencana menetapkan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) di Agustus 2022.

Penetapan pembatasan ini tinggal menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak yang sedang di finalisasi.

“Insya Allah (diterbitkan Agustus), kita harus kerja cepat ini. Item-itemnya sudah ada,” ujarnya saat ditemui di JCC Senayan, Rabu (27/7) dilansir CNN.

Menurutnya pembatasan ini harus segera dilakukan karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta untuk memastikan tidak ada pembengkakan kuota BBM. Apalagi saat ini tengah terjadi krisis energi yang tentunya berdampak juga pada pembengkakan anggaran.

Subsidi energi bahkan mencapai Rp502 triliun sepanjang tahun ini dan dimungkinkan akan terus bertambah, jika stok BBM tidak dijaga dan harga minyak dunia terus naik.

“Jadi kita jaga pasokan dengan melaksanakan peraturan ini sesuai dengan revisi yang tadi saya sampaikan,” jelasnya.

Sebelumnya kabar pembatasan pembelian BBM subsidi ini muncul dari pernyataan Tenaga Pendamping Agency Pendaftaran MyPertamina di gerai offline yang berlokasi di Bogor.

Bahwa per 1 Agustus 2022, kendaraan roda 4 yang tidak terdaftar di aplikasi MyPertamina tidak akan dilayani.(aqu)

Editor Restu

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini