Jadwal Cair dan Besaran Gaji ke 13 ASN, Pensiunan PNS, Polri dan TNI 2022

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN- Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan pencairan gaji ke-13 PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan PNS masih sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sebelumnya.

    Gaji akan disalurkan bersamaan dengan mulainya tahun ajaran baru 2022/2023.

    Pertanyaannya, kapankah gaji ke-13 2022 cair? 

    Laman Kemenkeu.go.id menyebutkan gaji ke-13 ini akan diberikan sebesar gaji/pensiun pokok serta tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok, dan 50 persen dari tunjangan kinerja per bulan bagi mereka yang mendapatkan tunjangan kinerja.

    Kemenkeu pun telah menjelaskan kapan gaji ke-13 2022 cair.

    Sementara bagi instansi pemerintahan daerah, paling banyak diberikan sebesar 50 persen tambahan penghasilan dengan meninjau kemampuan kapasitas fiskal daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan. 

    Sebagai informasi, pencairan gaji ke-13 PNS dan pensiunan PNS diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022. 

    Sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyatakan bahwa pemberian gaji ke-13 2022 PNS akan dimulai pada Juli 2022 mendatang.

    Tujuannya yaitu untuk membantu seluruh aparatur terutama pada saat memasuki tahun ajaran baru untuk membiayai putra/putri mereka yang akan masuk sekolah. 

    Selain itu, pencairan gaji ke-13 merupakan wujud penghargaan pemerintah atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara dan daerah, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan dalam menangani pandemi dengan melaksanakan semua pelayanan masyarakat. 

    Baca Juga :   Jadi Barbuk, Pengacara Ungkap Sumber Tas Mewah Sandra Dewi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI