Memperingati Hari Hepatitis Sedunia, Mengenal Penyakit Ini dan Pengobatannya


    WARTABANJAR.COM – Setiap tanggal 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan virus hepatitis, peradangan hati yang menyebabkan penyakit hati parah dan kanker hepatoseluler.

    Tema Hari Hepatitis Sedunia tahun ini adalah “Hepatitis Tidak Bisa Menunggu”, untuk menyampaikan seruan urgensi sebagai upaya membebaskan masyarakat dunia dari hepatitis pada 2030.

    Mengutip India Today, ada lima jenis utama virus hepatitis yakni, A, B, C, D dan E.

    Gabungan dari hepatitis B dan C adalah penyebab kematian yang paling umum, bahkan terdapat 1,3 juta nyawa hilang setiap tahun.

    Hepatitis adalah peradangan hati yang dapat menyebabkan serangkaian masalah kesehatan yang seringkali berujung pada kematian.

    Penyebab hepatitis

    Hepatitis A dan E sebagian besar disebabkan oleh asupan makanan dan air yang terkontaminasi. Hepatitis B, C, dan D biasanya terjadi setelah kontak dengan darah dan cairan tubuh dari seseorang yang terinfeksi.

    Menurut salah satu studi yang dilakukan oleh WHO, diperkirakan 4,5 juta kematian dini dapat dicegah di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah pada tahun 2030 dengan vaksinasi, tes diagnostik, obat-obatan, dan kampanye edukasi.

    Strategi hepatitis global WHO, yang diratifikasi oleh semua negara anggota WHO, bertujuan untuk mengurangi infeksi hepatitis baru sebesar 90 persen dan kematian sebesar 65 persen antara tahun 2016 dan 2030.

    Fakta mengenai hepatitis

    Hepatitis C adalah penyakit hati yang disebabkan karena virus hepatitis C (HCV).

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI