4 Kabupaten Kota Alami Karhutla, Belasan Hektare Lahan di Kalsel Terbakar

    WARTABANJAR.COM – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi di musim kemarau di wilayah Provinsi Kalsel terjadi di empat kabupaten kota pada Senin (16/9).

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (BPBD Kalsel), R Suria Fadliansyah menyampaikan karhutla menghanguskan belasan hektare lahan.

    “Untuk hari ini, dilaporkan telah terjadi karhutla di empat daerah diantaranya Kota Banjarbaru, Kabupaten Balangan, Banjar, dan Hulu Sungai Selatan,” sebut Suria, Senin (16/9/2024).

    Baca Juga

    Warga Berbondong-bondong ke IKN, Cek Cara Daftarnya 

    Karhutla Kota Banjarbaru di tiga lokasi, yakni di jalan Cempaka Baru (Munggu Alung) Rt. 33 Rw. 11 Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka, luas lahan terbakar sekitar 0.5 hektar, kedua di jalan Danau Seran (Kampung Purun) Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka, luas lahan sekitar 10 hektar.

    Ketiga, di jalan Sapta Marga Blok C Rt. 10 Rw. 03 Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan ulin, luas terbakar 0,005 hektar, kemudian terdapat pula kebakaran non karhutla yakni kebakaran bangunan berupa gudang pengolahan gypsum di jalan Bhayangkara RT 29 RW 05 Kelurahan Sungai Besar Kecamatan Banjarbaru Selatan.

    Kemudian karhutla di Kabupaten Balangan juga terjadi di tiga lokasi, diantaranya Desa Uren, Kecamatan Halong, terjadi sejak pukul 07:03 Wita sampai dengan 14:00 Wita, kebakaran perkebunan dengan luas sekitar 2 hektar, dan api sudah dipadamkan sekitar 95 persen.

    Kedua di Desa Ajung Kecamatan Tebing Tinggi, kejadian sekitar pukul 07:03 Wita sampai dengan 15.50 Wita, juga terjadi di perkebunan dengan luas lahan terbakar sekitar 2 hektar dan telah dipadamkan sekitar 99 persen.

    Baca Juga :   Update Kebocoran Pipa BPAM Banjarbakula

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI