Vaksinasi Rabies Gratis Digelar Distan Kabupaten Banjar

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA – Kastrasi kucing dan vaksinasi rabies secara gratis digelar halaman kantor Distan Desa Tungkaran, Kabupaten Banjar pada Senin (5/8/2024).

    Aksi ini digelar Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar melalui Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) serta Klinik Hewan Kawanku Bungas.

    Juga merupakan kolaborasi relawan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dalam upaya menjaga kesehatan hewan peliharaan dan mencegah penyebaran penyakit rabies.

    Kepala Distan Banjar Warsita mengatakan pelayanan jasa medik veteriner atau lebih dikenal dengan klinik hewan yang berdiri sejak tahun 2018 akhir.

    Dengan tujuan memberikan pelayanan kesehatan hewan untuk masyarakat yang memiliki hewan kesayangan khususnya dan masyarakat pada umumnya yang ada di Kabupaten Banjar dan sekitarnya.

    “Kastrasi merupakan tindakan medis untuk menghilangkan kemampuan hewan jantan untuk bereproduksi. Hal ini banyak dilakukan oleh masyarakat, khususnya pemilik kucing jantan agar tidak memiliki keinginan dan kemampuan berkembang biak sembarangan dan menimbulkan penyakit. Selain itu tujuan dari kastrasi untuk membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih,” ujar Warsita.

    Sedangkan dijelaskan Warsita, pemberian vaksin anti rabies (VAR) merupakan salah satu strategi pencegahan rabies, baik itu sebelum terkena paparan maupun setelah terkena paparan gigitan hewan menular rabies.

    Vaksinasi rabies bertujuan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membantu populasi hewan peliharaan dan mengurasi risiko penularan penyakit rabies pada manusia.

    Baca Juga :   Tim BPAM Banjarbakula Mulai Perbaikan Pipa Bocor

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI