AS Desak Israel Longgarkan Izin Bantuan BBM ke Gaza

    WARTABANJAR.COM, WASHINGTONIsrael perlu berbuat lebih banyak untuk mengizinkan bahan bakar dan bantuan lainnya masuk ke Gaza, kata Amerika Serikat pada Selasa ketika serangan Israel terhadap Hamas di wilayah selatan wilayah kantong Palestina semakin intensif.

    “Tingkat bantuan yang masuk tidak mencukupi,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller pada konferensi pers dilansir Arab News.

    “Nilainya perlu ditingkatkan, dan kami telah menjelaskannya kepada pemerintah Israel.”

    Pada hari Senin, 100 truk bantuan kemanusiaan dan sekitar 69.000 liter bahan bakar dikirim ke Gaza dari Mesir, kata PBB, hampir sama dengan hari Minggu.

    Baca juga: Aiman Witjaksono Dicecar 60 Pertanyaan Terkait Pernyataannya Soal Polri Tidak Netral

    “Jumlah ini jauh di bawah rata-rata harian 170 truk dan 110.000 liter bahan bakar yang masuk selama jeda kemanusiaan yang berlangsung antara 24 dan 30 November,” kata juru bicara PBB Stephane Dujarric kepada wartawan pada hari Selasa.

    Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dalam perjalanan ketiganya ke Timur Tengah sejak serangan Hamas terhadap Israel dari Gaza pada 7 Oktober, pekan lalu menekan pemerintah Israel untuk meningkatkan aliran bantuan dan meminimalkan kerugian warga sipil dalam serangannya terhadap Hamas.

    Pasukan Israel menyerbu kota utama Khan Younis di Gaza selatan pada hari Selasa, dan rumah sakit berjuang untuk menangani sejumlah warga Palestina yang tewas dan terluka.

    Dalam apa yang tampaknya merupakan serangan darat terbesar di Gaza sejak gencatan senjata dengan Hamas berakhir pekan lalu, Israel mengatakan pasukannya – yang didukung oleh pesawat tempur – telah mencapai jantung Khan Younis dan mengelilingi kota tersebut.

    Baca Juga :   Gempa Magnitudo 6.4 Mengguncang Gorontalo

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI