Krimsus Polres Banjar dan Dishut Kalsel Razia Tambang Emas di Tahura, 5 Orang Diamankan

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA – Razia terhadap aktivitas tambang emas ilegal dilakukan Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Selatan diback up Polsek Aranio dan personil Unit Krimsus Polres Banjar.

    Razia digelar Sabtu(02/12/2023) dalam rangka kegiatan Penertiban aktifitas / kegiatan penambangan emas ilegal di kawasan Tahura sultan Adam di wilayah Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.

    Kapolsek Aranio, Ipda Cucu Ariawan, mengatakan Kegiatan Penertiban tentang Penambangan emas secara ilegal di dalam kawasan Tahura Sultan Adam di lakukan di lokasi Munggu Ayunan berada di daerah Sungai luar Desa Tiwingan Baru Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.

    Baca juga: Meriah Nikah Massal di Balai Kota Banjarmasin, Diarak Naik Becak dan Barongsai, Disaksikan Kapolda

    Dan dari hasil penertiban ditemukan bekas kegiatan penambangan emas oleh warga yang di lakukan secara manual dengan mengambil batu dari lubang bekas galian.

    Selain itu, ditemukan tenda yang terbuat dari terpal dan dalam keadaan kosong dan dilakukan tindakan pelepasan semua terpal dan tenda darurat dinsekitar lokasi penambangan.

    Serta didapati lima orang warga yang mencari batu bahan emas di sekitar lokasi dan selanjutnya dibawa oleh tim gabungan ke pos wisata Tahura sultan adam, untuk selanjutnya di bawa ke kantor Dishut Prov untuk pemeriksaan lebih lanjut.

    Ditambahkan untuk barang barang yang diamankan berupa 7 buah mesin Alkon, 1 buah mesin genset, 12 buah sekop, 1 buah cangkul, 3 roll selang air, 2 buah blower angin dan 20 buah terpal.

    Dan juga melakukan imbauan dan pendekatan persuasif kepada warga masyarakat yang ada di sekitar lokasi untuk tidak lagi melakukan kegiatan penambangan emas di kawasan Tahura Sultan Adam kecamatan Aranio. (ernawati)

    Baca Juga :   Belasan Ribu Relawan Dozer Siap Menangkan Pilkada di 6 Kabupaten Kota di Kalsel

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI