PUPR Kalsel Gelar Bimtek dan Sosialisasi Green Building

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar bimbingan teknik (bimtek) dan sosialisasi green building di Hotel Rattan Inn, Jalan A Yani Km 5, Kota Banjarmasin, Kamis (27/07/2023).

    Kegiatan sosialisasi di hari kedua dihadiri seluruh Dinas PUPR Kota/Kabupaten Kalsel serta narasumber yang di isi langsung oleh Pihak Green Building Council Indonesia (GBCI)

    Ir Iparman Oesman menyampaikan kriteria green building dalam materi Bimtek dan Sosialisasi Bangunan dan Lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan.

    “Ada beberapa kriteria, salah satu caranya konsultasi. Misal, desain bangunan tersebut belum menyajikan fitur green contohnya, ramah terhadap kaum disabilitas jadi ada akses seperti penyediaan kursi roda, Toilet yang ada pegangan nya agar mempermudah kaum disabilitas dan pada saat Konsultasi tersebut kita akan sediakan untuk kaum disabilitas, ” ujar Ir Iparman Oesman, IAP. GA Narasumber dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

    Ia juga menyampaikan jika suatu gedung tersebut sudah menyediakan beberapa fasilitas tersebut maka bisa dapat titik point dari penilaian green building.

    “Sebetulnya green building ini tidak mahal dan sangat ramah lingkungan pihak kami juga berusaha menilai suatu bangunan dengan penuh kecermatan ketika ada yang ingin mendaftarkan dan mensertifikasi gedung yang akan dibangun menjadi green building,” ujar Oesman.

    Baca Juga

    Api di Gang 5 Kampung Gadang Banjarmasin

    Pada kesempatan yang sama Direktur Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Madya Mochammad Sulton Sahara, mengatakan membuat bangunan hijau ada beberapa standar dan teknis yang terstruktur.

    Baca Juga :   Kalsel Expo 2024 Ditutup, Catat Omset Mencapai Rp12 Miliar

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI