Pascapenolakan MA Atas PK PT MCM, Walhi Dukung Perlindungan Menyeluruh Kawasan Meratus di Kalsel

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mendukung pemerintah memberikan perlindungan menyeluruh terhadap kawasan esensial Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan (Kalsel).

    “Momentum dikabulkannya gugatan Walhi atas penyelamatan kawasan Meratus itu bisa menjadi langkah awal pemerintah dan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) melakukan upaya perlindungan menyeluruh kawasan esensial khususnya kawasan pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan,” kata Direktur Eksekutif Walhi, Nur Hidayat, dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (14/2/2021).

    Mahkamah Agung menolak Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh PT Mantimin Coal Mining yang ingin menambang batu bara di kawasan Meratus, terhadap gugatan Walhi.

    Menurut Nur, keputusan itu merupakan langkah awal yang baik namun ancaman di wilayah tersebut masih sangat besar karena masih banyak perizinan di Kalimantan Selatan yang berimbas pada kerusakan lingkungan dan ancaman dari beberapa kebijakan yang ada.

    “Kami dalam kesempatan ini berharap DPRD maupun Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah bisa menindaklanjuti keputusan ini dengan kebijakan yang bisa memberikan perlindungan bagi kawasan Meratus sebagai kawasan esensial sumber air bagi masyarakat dan kalau ini dirusak dalam jangka waktu lama bisa memberikan dampak bencana,” ujar Nur.

    Walhi akan terus mendukung pemerintahan yang peduli kesejahteraan rakyat dan lingkungan.

    Nur menuturkan Kalimantan Selatan saat ini masih berada di tengah situasi pascabencana dan melakukan upaya pemulihan kembali seperti semula.

    Baca Juga :   Pemkab Balangan Naikkan Insentif Non-ASN dan Luncurkan Beasiswa 1000 Sarjana

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI