Silaturahmi Paman Birin dengan KH Muhammad Saberan Afandi di Milad Satu Abad Ponpes Rakha Amuntai

WARTABANJAR.COM, AMUNTAI – Momentum milad satu abad Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Ponpes Rakha) dan Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di Amuntai pada Sabtu (22/10) terasa berkesan bagi Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor.

Selain merayakan milad ponpes Rakha, Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin senang dan bersyukur bisa bersilaturahmi dengan ulama, tokoh masyarakat hingga guru dan santri Ponpes Rakha.

Istimewanya lagi, Paman Birin bisa bersilaturahmi dengan Dr.KH Muhammad Saberan Afandi, MA, tokoh ulama kharismatik di Hulu Sungai Utara (HSU) yang juga Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran (STIQ) Rakha Amuntai.

Ketika bertemu, baik Paman Birin dan KH. Muhammad Saberan pun saling mendoakan satu sama lain.

Sebagaimana diketahui, DR. KH. Saberan Affandi bin H. Afandi Abdurrahim, lahir di Amuntai, Kamis, 15 Oktober 1942 M (bertepatan dengan 4 Syawal 1361 H).

Pendidikan dasar dimulai di Sekolah Rakyat (SR) Telaga Silaba (lulus 1955), setelah itu melanjutkan ke Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (lulus tahun 1961). Sebelum kuliah di Fakultas Ushuluddin Rakha Amuntai, beliau menyambung ke sekolah Pendidikan Guru Agama tingkat pertama (PGAP) dan PGA tingkat atas (lulus tahun 1962).

Sejak tahun 1965 beliau mukim di Madinah al-Munawarah, yang kemudian kembali kuliah ke Universitas Islam Madinah (1971).

Tidak berhenti menimba ilmu, beliau kemudian mengambil program magister di Universitas King Abdul Aziz Mekkah (1976).

Sedangkan gelar Doktor dibidang hadits dari Universitas Ummul Qura Mekkah (1982) beliau dapatkan setelah dengan gemilang mempertahankan desertasi berjudul : Marwiyyat Ash-Shahabi al-Jalil Abi Sa’id al-Khudri fi Musnad al-Imam Ahmad.

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini