Satgas Optimistis PPKM Berdampak Signifikan, Kasus Harian Melandai


WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19-19 optimistis pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan berdampak signifikan dalam penanganan Covid-19-19.

“Terlihat dalam dua pekan ini (PPKM), memang ada perubahan namun belum dapat dikatakan berhasil. Namun kami optimistis PPKM akan berdampak signifikan lagi pada perkembangan kasus positif serta kepatuhan protokol kesehatan apabila terus dilakukan secara disiplin oleh seluruh lapisan masyarakat,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam keterangan pers, Jumat (5/2/2021).

Berdasarkan hasil analisis data dari PPKM dalam dua pekan terakhir, kasus aktif masih menunjukkan tren yang fluktuatif, namun grafiknya terlihat melandai.

Perbandingannya, pada dua pekan pertama Januari 2021 atau sebelum PPKM, terdapat selisih sebesar 1,76 persen. Sedangkan pada dua pekan periode PPKM, selisih kasus aktif sebesar 0,45 persen.

Terkait perkembangan tren keterisian tempat tidur ruang isolasi rumah sakit rujukan Covid-19-19 secara nasional, terjadi penurunan persentase keterisian yang cukup drastis sejak awal pelaksaanaan PPKM hingga 31 Januari 2021.

Selisihnya, pada dua pekan pertama Januari sebesar 0,72 persen. Sedangkan setelah PPKM, penurunannya jauh lebih besar menjadi 8,1 persen.

“Bahkan angka ini hampir 12 kali lipat dari selisih sebelumnya,” ujar Wiku.

Pada perkembangan tren keterisian tempat tidur di ruang Intensive Care Unit (ICU), terdapat perbedaan dari dua indikator sebelumnya.

Baca Juga :   Begini Kondisi Pesawat dan Kru Wings Air Pasca Ditembak KKB di Papua

Baca Lebih Lengkapnya Hanya di aplikasi WartaBanjar

BERITA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU HARI INI