Sesuai Janji Risma, Hari Ini Tiga Jenis Bansos Akan Dibagikan


WARTABANJAR.COM – Sesuai janji Menteri Sosial Tri Rismaharini pekan pertama 2021, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah bisa menikmati bantuan sosial (bansos) sesuai arahan Presiden.

Hari ini, dijadwalkan dimulai pembagian tiga bansos tersebut, yakni Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Tunai (BST).

Untuk keperluan itu, Risma sudah menginstruksikan jajarannya di Kemensos untuk bekerja non stop.

Hal ini untuk memastikan ketiga bansos dapat salur serentak seluruh Indonesia.

“Kita tidak ada libur. Sesuai dengan instruksi Bapak Presiden, minggu pertama bulan Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat (KPM),” kata Risma usai mengikuti rapat terbatas di Istana Negara, beberapa waktu yang lalu dilansir Kemsos.
Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial (Kemensos), Asep Sasa Purnama, mengungkapkan Senin (4/1/2021) bansos dibagikan, yang akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Sesuai jadwal dan rencana, Penyaluran Bansos 2021 oleh Bapak Presiden pada 4 Januari 2021 pukul 14.00 WIB di Istana,” ujarnya, kemarin Minggu (3/1/2021).

Disebutkannya, untuk jumlah total penerima tiga bantuan tersebut, sementara ada sekitar 38,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sedangkan PKH sebanyak 10 juta KPM, dan Program Sembako/BPNT sebanyak 18,8 juta KPM, dan BST 10 juta KPM.

Dijelaskannya, proses penyaluran PKH dan program sembako oleh Himbara melalui rekening.
Sementara untuk BST disalurkan ke KPM melalui mekanisme pos.

Untuk PKH, akan menyasar sejumlah kelompok seperti keluarga yang di dalamnya terdapat ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, hingga lanjut usia.

Bantuan ini diberikan dalam empat tahap selama satu tahun, yakni Januari, April, Juli, dan Oktober.

Sementara, penerima program sembako akan mendapatkan bantuan senilai Rp 200.000 dan disalurkan mulai Januari hingga Desember 2021.

Baca Juga :   Gempa 4.2 Magnitudo Guncang Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah

Khusus bagi warga Jabodetabek yang semula menerima bantuan sembako, mulai 2021 tidak akan lagi menerima bantuan yang sama dan diganti dengan bantuan tunai langsung.

Selanjutnya untuk program bantuan sosial tunai, setiap penerima bantuan sosial tunai akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 300.000 yang diberikan selama empat bulan berturut-turut, terhitung sejak Januari hingga April 2021. (edj)

Editor: Erna Wati

BERITA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU HARI INI