Lewat Jusuf Kalla Petinggi Afghanistan Minta Indonesia Lakukan Ini


    WARTABANJAR.COM – Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, melakukan kunjungan ke Afghanistan.

    Di sini, Jusuf Kalla bertemu Ketua Dewan Tinggi Rekonsiliasi Nasional (HCNR) Afghanistan, Abdullah Abdullah.

    Dalam kesempatan itu, kepada Jusuf Kalla, Abdullah menyampaikan sebuah keinginan.

    Abdullah berharap Indonesia dapat menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan dialog antarulama se-Asia, termasuk dari kelompok Taliban.

    “Kami meminta Bapak (JK) untuk mempertemukan para ulama kami dengan Taliban dan ulama Indonesia, untuk berbicara mengenai bagaimana pemahaman Islam itu terhadap kekerasan. Bapak sebagai Ketua DMI tentu memiliki pengaruh dan wibawa terhadap para ulama,” kata Abdullah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

    Indonesia dan Afghanistan memiliki banyak kesamaan, antara lain tentang keberadaan ulama yang masih mendapat tempat di kalangan umat Islam, kata Abdullah.

    Selain itu, budaya dan karakter kedua negara tersebut juga tidak banyak berbeda, ujarnya menambahkan.

    “Indonesia dan Afganistan memiliki kesamaan, yaitu ulama sangat berperan dalam masyarakat. Bagaimana pun kita memiliki karakter budaya yang sama dan pemahaman agama itu banyak dipengaruhi faktor sosial, lingkungan. Untuk itu, kami (Afghanistan) meminta Pak JK untuk turut serta di (pertemuan) itu,” tutur-nya.

    Bagi Afghanistan, lanjut Abdullah, dialog antarulama tersebut memiliki arti penting mengingat Afghanistan dan sebagian besar negara di Asia memiliki karakteristik dan kultur serupa, sehingga tidak sulit untuk menyatukan persepsi tentang hukum Islam yang selama ini menjadi sumber konflik di Afghanistan.

    Baca Juga :   Diduga Seks Menyimpang, Pria Muda Cabuli Lima Bocah Laki-laki

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI