Puluhan Penari Akan Tampilkan Tarian Adat Saat Pembukaan Porwanas XIV Kalsel

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Puluhan penari akan dilibatkan saat acara pembukaan (opening ceremony) Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV Kalsel, 20 Agustus mendatang.

    Sebanyak 75 penari terus berlatih untuk membawakan tarian adat pada opening ceremony gelaran pesta akbar olah raga para jurnalis se-Indonesia itu.

    Para penari secara masif berlatih, menghafal, bahkan menjiwai koreografi yang akan dibawakan, di halaman Taman Budaya, Minggu (11/8) malam.

    Ke-75 penari ini nantinya akan menampilkan tarian khas daerah Banjar, mengangkat unsur budaya, wisata, serta adat istiadat setempat.

    Baca juga: Tiba di IKN untuk Pertama Kalinya, Wapres KH Ma’ruf Amin Langsung Baca Doa

    Ada tiga destinasi wisata yang dikisahkan dalam alur tarian, seperti Pasar Terapung, pendulangan intan, hingga Geopark Meratus.

    Bahkan diutarakan sang koreografi, Ferdi Irawan, jika nantinya untuk semakin menghidupkan tarian dan alur ceritanya, para penari akan mengenakan pakaian kedaerahan, seperti kain balian, tapih jarik, hingga pakaian khas pedalaman Meratus.

    “Ini nanti mengisahkan tentang seorang wartawan yang datang ke Pasar Terapung, lalu berkenalan dengan seorang wanita asal sana, lalu mereka berjalan jalan ke Geopark Meratus, sampailah ke pendulangan intan, ada hal hal yang dipercaya tidak boleh dilakukan malah terjadi, jadi tarian ini merupakan perpaduan adat istiadat Banjar,” jelas Ferdi.

    Nantinya, para peserta Porwanas XIV Kalsel akan dihibur kurang lebih 15 menit dengan perpaduan musik japin, panting, serta gamelan banjar.

    Baca Juga :   Prediksi Derby Della Madonnina Inter vs AC Milan Malam Ini: Fonseca Bisa Tergeser

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI