Acil Odah Ajak Semua Pihak Putus Mata Rantai Stunting di Kalsel

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) meluncurkan Inovasi Gerakan Pelajar, Remaja Sadar dan Peduli Stunting (GELAR DARLING) yang dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Raudatul Jannah Sahbirin di Banjarbaru, Rabu, (22/5/2024).

    Gerakan Pelajar, Remaja yang Sadar dan Peduli Stunting (GELAR DARLING), bermaksud untuk meningkatkan peran serta pelajar dan remaja dalam percepatan penurunan stunting.

    Sedangkan tujuannya sebagai wahana pemberdayaan pelajar dan remaja adalah sebagai agen aksi mencegah stunting di sektor hulu melalui pembinaan berkesinambungan dan berkelanjutan.

    Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah atau Acil Odah dalam kesempatan ini mengatakan kegiatan GELAR DARLING dengan sasaran anak-anak remaja tersebut supaya mereka mendapat edukasi terkait pencegahan stunting.

    “Kita harus memutus mata rantai stunting ini agar tidak menjadi siklus berkepanjangan,” ujar Raudatul.

    Lanjut perempuan yang biasa disapa Acil Odah ini, kalau sudah diberikan edukasi dan mereka dapat membudayakan hidup bersih, sehat, pola makan dan gizi seimbang serta kualitas hidup terjaga sehingga tidak terjadi stunting dikemudian hari.

    “Jadi kita yang memang di awalnya 1.000 pertama hari kehidupan yang harus dicegah sehingga harus dilakukan upaya edukasi agar tidak menjadi stunting anak dari lahir sampai berumur 2 tahun tapi diperpanjang menjadi 8.000 hari kehidupan sejak lahir sampai usia 20 tahun,” kata Raudatul.

    Baca Juga :   Pendaftaran Baayun Maulid di Museum Lambung Mangkurat Diperpanjang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI