Keutamaan Menghidupkan Malam Ramadhan

    WARTABANJAR.COM – banyak riwayat hadits yang menjelaskan keutamaan bulan Ramadhan. Termasuk keutamaan menghidupkan malam Ramadhan dengan berbagai macam ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.

    Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang artinya “Barangsiapa beribadah di bulan Ramadhan dalam keadaan beriman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari).

    Hadits tersebut menjelaskan keutamaan beribadah di bulan Ramadhan.

    Pada hadits tersebut dijelaskan bahwa orang-orang yang memfokuskan diri beribadah kepada Allah di bulan Ramadhan dengan niat yang tulus dan mengharapkan pahala dari-Nya, maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.

    Mengomentari hadits tersebut, Imam Al-Qasthalani dalam kitabnya Irsyadus Sari berkata: “Barangsiapa menghidupkan malam hari bulan Ramadhan dengan melaksanakan ketaatan seperti halnya shalat tarawih atau ketaatan lainnya. Di mana ia melaksanakan dalam keadaan beriman kepada Allah dan serta membenarkan dengan kemurnian niat dalam dirinya maka dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni. Dalam hal ini yang dimaksud ialah dosa-dosa kecil, namun dengan anugerah dan keluasan rahmat-Nya bisa juga mencakup dosa-dosa besar, dan itu dapat dilihat dari dzahir lafadz (hadits)-nya”. (Syihabuddin Ahmad Al-Qasthalani, Irsyadus Sari, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyah: 1996], juz I, cet 1, hal 178)

    Lebih lanjut, di antara tujuan menghidupkan malam hari bulan Ramadhan dengan melaksanakan berbagai macam ibadah ialah berharap mendapatkan malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

    Baca Juga :   Bamboo Rafting di Loksado HSS Tutup NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 di Kalsel

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI