Lebih Seratus Rumah Terendam di Pengaron, Warga di Dua Desa Terpaksa Dievakuasi


    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA – Lebih seratus rumah terendam akibat banjir di Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (17/1/2023).

    Banjir yang merendam rumah warga ketinggiannya bervariasi, dari 30 Cm hinggga 180 Cm.

    Banjir ini diakibatkan beberapa hari terakhir ini intensitas hujan baik siang dan malam hari di wilayah Kalimantan Selatan, termasuk Kabupaten Banjar, cukup tinggi.

    Menyebabkan banjir melanda Desa Pengaron dan Desa Benteng Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar.

    Pada Jumat pagi debit air naik dari perkampungan warga hingga di jalan raya setinggi lutut orang dewasa.

    Baca juga: Malaysia Banjir Bandang, Hampir 12 Ribu Warga Dievakuasi

    Danramil 1006-02/Pengaron, Kapten Cpl Bagus Rijayatmo, bersama Kapolsek, Camat serta Personil Babinsa dan Bhabinkamtibmas turun langsung ke lokasi banjir.

    Kapten Cpl Bagus Rijayatmo menuturkan bahwa Jumat, 27 Januari 2023 meluapnya air sungai mengakibatkan dampak banjir di Kecamatan Pengaron akibat curah hujan tinggi menyebabkan beberapa desa terdampak terendam banjir.

    Adapun di antaranya Desa Pengaron, ketinggalan air 30 cm sd 180 cm, dengan jumlah rumah yang terendam 110 Rumah sebagian kecil perabotan rumah tangga terendam.

    Untuk Desa Benteng juga mengalami banjir dengan ketinggalan air 30 cm sampai dengan 100 cm, rumah yang terendam 32 buah sebagian perabotan rumah tangga terendam.

    Hingga saat ini dilakukan pengevakuasian terhadap warga dan barang warga, membersihkan sebagian ranting dan pohon serta memberikan imbauan kepada warga agar waspada terhadap banjir yang bisa datang kapan saja.

    Baca Juga :   Waspada Cacar Monyet, Dinkes Balangan Imbau Warga Segera Periksakan Gejala ini

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI