Urai Kemacetan Imbas Longsor di Km 171, Zairullah Rogoh Kocek APBD Bikin Jalan Alternatif

    WARTABANJAR.COM, BATULICIN – Respons cepat dan berani diambil Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, menyikapi kemacetan akibat jalan longsor di Km 171 Desa Satui Barat, Kecamatan Satui.

    Bupati dua periode yang akrab disapa Abah Zairullah ini, berinisiatif membuka jalan daerah untuk jalur alternatif sebagai solusi.

    Zairullah menegaskan, langkah itu ia ambil demi kepentingan masyarakat agar tidak terhambat akibat kemacetan yang belum juga teratasi.

    Bahkan, pria yang kini dipercaya sebagai ‘Presiden’ Anak Yatim itu, rela merogoh dana dari APBD Kabupaten Tanah Bumbu.

    Hal itu dilakukannya, lantaran hingga saat ini belum ada kepastian dari Pemerintah Pusat terkait penanganan Jalan A Yani Km 171 tersebut.

    Padahal, sebagaimana diketahui, jalan tersebut berstatus jalan nasional, yang kewenangannya ada pada Pemerintah Pusat.

    “Sekarang kita ambil alih karena ini berkaitan dengan kepentingan, kebutuhan, masyarakat banyak,” terangnya, Rabu (12/10/2022).

    “Alhamdulillah kita sudah punya jalan keluar. Hari ini sudah dimulai dibangun Jalan Daerah, Jalan alternatif, yang pasti akan mampu menyelesaikan masalah, 3-4 hari ke depan, Jalan ke Banjarmasin akan lancar lagi,” ucap Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar.

    Dana yang digunakan membuka Jalan alternatif akan menggunakan anggaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu sekitar 5 sampai 10 miliar.

    Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, Sulhadi, mengatakan akses Jalan Daerah yang akan menjadi jalur alternatif akan segera diselesaikan dalam kurun waktu empat hingga lima hari.

    Baca Juga :   Syukuran Hari Jadi Kota, DPRD Banjarmasin Siapkan 1.000 Porsi Makanan untuk Masyarakat

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI