Belajar Menggunakan Senjata Tumpul untuk Membeladiri

    Oleh : Harry Budiman (Praktisi Karate & Beladiri Praktis)

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Kita tidak bisa hanya mengandalkan tangan kosong saat membeladiri, karena dalam situasi tertentu misal lawan bersenjata atau lebih dari satu orang maka kita perlu senjata untuk membeladiri.

    Senjata dimaksud dalam artikel ini adalah senjata tumpul berupa bilah kayu atau stik ganda. Tentunya penggunaan senjata tumpul ini bukan untuk membinasakan pelaku kejahatan tapi hanya bersifat melumpuhkan tindakannya.

    Kita bisa belajar dari seni beladiri asal Filipina yang menggunakan senjata stik pendek ganda. Beladiri eskrima atau kali, demikian namanya.

    Dalam seni beladiri tesebut stik digunakan adalah berupa rotan. Namun secara praktik latihan, kita bisa gunakan stik bahan lain macam pipa paralon atau pipa listrik.

    Dalam video ini kita bisa belajar dasar-dasar menggunakan stik pendek ganda tersebut.

    Teknik dalam video tersebut mengadopsi teknik klasik yang sederhana dan mudah dipelajari asalkan kita tekun menyimak dan memahami sambil dipraktikan.

    Manfaat latihan stik ganda adalah melatih kordinasi otak kiri dan kanan. Secara motorik otot melatih keseimbangan kemampuan antara tangan kiri dan kanan.

    Gerakannya diawali mengayun stik yang berfungsi untuk memukul dan menangkis serta mengunci lengan atau merebut dan menjatuhkan senjata lawan.

    Ada baiknya kita terapkan latihan dengan sasaran atau target statis. Setelah dirasa mahir barulah kita beralih pada latihan berpasangan dengan partner.

    Lebih lanjut akan kita bahas tentang latihan berpasangan dan aplikasi teknik stik ganda menghadapi senjata tajam. (*)

    Baca Juga :   Update Kebocoran Pipa BPAM Banjarbakula, Suplai Air Bersih Disiapkan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI