WR Supratman, Sang Maestro Komposer Indonesia Raya di Mata Sahabat

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Mengenang nama Wage Rudolf (WR) Supratman sang komposer Lagu Kebangsaan Indonesia Raya sangat berarti bagi seorang Laksda TNI Purn Untung Suropati. Visi kebangsaan WR Supratman dalam lagu tersebut mengandung filosofi yang agung bagi bangsa ini.

    Demikian disampaikan Untung dalam ‘Sarasehan Mengenali Kembali Tujuan dan Filosofi Bernegara dalam Lagu-Lagu WR Supratman’, Sabtu (17/8/2024). Menurutnya, spirit jiwa patriot WR Supratman kepada leluhurnya yaitu Bumi Nusantara begitu besar.

    WR Supratman merupakan pencipta lagu kebangsaan Indonesia, “Indonesia Raya”, seorang pahlawan nasional yang lahir di Purwokerto pada 9 Maret 1903. Tanggal kelahirannya itu juga ditetapkan sebagai “Hari Musik Nasional”.

    “Ini buat saya ini sangat fenomenal, di usia kurang dari 30, menciptakan lagu itu pada saat 1926 atau 2 tahun sebelum Sumpah Pemuda,” kata Untung seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Baca juga: PROJO Nilai Hasto Ngelindur, Serang Jokowi Dengan Data Lama

    Untung mengatakan, dari usia yang masih terbilang muda itu sang maestro sudah memiliki visi jauh ke depan untuk bangsa ini.

    “Artinya, ketika itu dia mungkin usianya baru kira-kira 23-an tahun, seorang pemuda dengan usia sangat muda tapi sudah ada bayangan yang sangat visioner,” ujarnya.

    WR Supratman, kata dia, mampu mengekspresikan kecintaannya kepada bangsa dalam bentuk lirik atau syair lagu yang luar biasa.

    “Ini buat saya sangat luar biasa, yang mengandung filosofi yang agung untuk bangsa ini,” ucapnya.

    Baca juga: Cacar Monyet Paksa Pemerintah Cina Perketat Perbatasan

    Baca Juga :   Implikasi Penambahan Kursi Menteri, Puan Pastikan Komisi di DPR Bertambah

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI