Wali Kota Semarang Mbak Ita dan Suaminya Jadi Tersangka Korupsi, Gratifikasi dan Pemerasan

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Wali Kota Semarang dan suaminya bersama dua orang lainnya resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    Mba Ita dan suaminya diduga melakukan tindak pidana korupsi, gratifikasi dan pemerasan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah.

    KPK telah menetapkan empat tersangka. Dua pihak swasta, dua penyelenggara negara,” ujar juru bicara KPK, Tessa Mahardika Sugiarto, di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (30/7/2024).

    Dua tersangka yang dimaksud penyelenggara negara yakni Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Mbak Ita, dan suaminya, Alwin Basri yang merupakan ketua Komisi D DPRD Jawa Timur.

    Baca juga: Beredar Penjelasan Kapolres HSU Terkait Heboh Video Polwan dan Polisi Dinarasikan Selingkuh Dalam Mobil Dikerumuni Warga

    Sementara itu, untuk pihak swasta yakni Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Semarang, Martono, dan pihak swasta lain bernama Rahmat Djangkar.

    Keempat orang ini juga telah dilakukan pencegahan ke luar negeri sejak 12 Juli untuk enam bulan ke depan.

    KPK juga menyatakan telah menerbitkan sprindik dugaan korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji terkait pengadaan barang atau jasa di Pemkot Semarang 2023-2024.

    “Di mana dugaannya pemerasan terhadap PNS atas insentif pemungutan pajak dan retribusi Kota Semarang dan dugaan gratifikasi,” kata Tessa. (ernawati)

    Editor: Erna Djedi

     

    Baca Juga :   Tersangka Pencabulan Anak Dilantik Jadi Anggota DPRD Singkawang, Ini Sikap KPU RI

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI