Jelang Pilkada DKI Jakarta, Gimana Menurutmu Duet Ahok-Anies?

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Wacana menggabungkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan Anies Baswedan marak di masyarakat menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024. Pro dan kontra pun bermunculan lantaran kedua mantan Gubernur DKI tersebut sempat bersaing keras di Pilkada 2017 lalu.

    Memang sejumlah nama bakal calon yang digadang-gadang berduet memperebutkan kursi DKI Jakarta sudah bermunculan. Namun yang paling heboh seperti dikutip Wartabanjar.com adalah duet Ahok-Anies.

    Rektor Universitas Paramadina, Prof. Didik J. Rachbini menilai duet itu sebagai wacana positif yang berani. Hal tersebut untuk membersihkan citra politik menuju polarisasi radikal agama atau radikal sekuler.

    Baca juga: Otoritas IKN Fasilitasi Suku Dayak dan Paser Gelar Ritual Adat Minta Restu Leluhur

    Wacana politik dan demokrasi yang terbuka seperti itu, adalah pertanda baik dalam menghapus praktik politisasi agama di tanah air.

    “Paling tidak dilihat dari sisi persepsi citra seperti (gagasan penyatuan Anies-Ahok) ini,” kata Didik, Sabtu (11/05/2024).

    Menyinggung soal peluang Anies dan Ahok bersatu, Didik menyatakan sangat mungkin karena beberapa faktor.

    Pertama, lanjut dia, Anies sejatinya seorang yang religius, tetapi tidak radikal seperti yang dipersepsikan ketika Pilgub DKI Jakarta lalu.

    Baca juga: Heboh di X, Penampakan Tak Biasa Aurora Borealis di Inggris Hingga Kanada, Observatorium Bosscha Bandung: Ada Badai ini di Matahari

    Kedua, Ahok memang temperamental, yang kadang-kadang tabu di dalam politik, tetapi sesungguhnya adalah seorang yang nasionalis dilihat dari sejarah garis politiknya.

    Baca Juga :   Imigrasi Tunda Keberangkatan Ribuan WNI Yang Terindikasi Perdagangan Orang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI