Jelang Mudik, Simak Tips Dokter Spesialis Agar Tidak Mudah Mabuk Perjalanan

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Dokter spesialis memiliki tips agar pemudik tidak menderita mabuk perjalanan selama mudik ke kampung halaman.

    Momen mudik merupakan waktu yang paling ditunggu untuk berkumpul bersama keluarga. Umumnya masyarakat rela menempuh perjalanan jauh menggunakan moda transportasi apapun untuk tiba di kampung halaman.

    Sayangnya, orang yang mudah mengalami mabuk perjalanan menganggap perjalanan menjadi waktu yang buruk bagi sebagian orang yang mudah mabuk perjalanan. Karena itulah, Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Permata Dalima Serpong dr. Surya Ulhaq, Sp.PD membeberkan kiat-kiat agar tidak mudah mabuk perjalanan.

    Baca juga: Bantuan BUMN Diduga Diselewengkan, Dewan Kehormatan PWI Siap Beri Sanksi Tegas Buat Pelaku

    “Ini harus diperhatikan ya, mabuk perjalanan itu dapat terjadi akibat otak menerima sinyal yang berbeda dari beberapa anggota tubuh,” kata dr. Surya Ulhaq seperti dikutip Wartabanjar.com dalam webinar di Jakarta, Sabtu (06/04/2024).

    Surya mencontohkan kondisi seseorang yang mengalami peroalan terebut dalam sebuah kendaraan, matanya seakan melihat pepohonan bergerak, sedangkan otot maupun sendiri mereka merasa tubuh diam dan tidak bergerak.

    Akibatnya adanya ketidaksinkronan tersebut, otak tidak bisa memproses informasi apakah tubuh benar diam atau bergerak. Jika kondisi ini dibiarkan berlanjut, maka terdapat kemungkinan orang itu akan mengalami fobia atau kecemasan terhadap perjalanan jauh, migrain hingga penyakit Parkinson.

    Guna mengatasi mabuk di perjalanan, Surya menyarankan agar kondisi tersebut diatasi dengan mengatur posisi duduk hingga mendapatkan posisi nyaman. Misalnya duduk di bagian dekat jendela atau menghadap lurus ke depan.

    Baca Juga :   Cek Fakta HIV Menular Melalui Tester Lipstik

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI