Hujan Abu Vulkanik Gunung Merapi Guyur 7 Kecamatan

    WARTABANJAR.COM, MAGELANGGunung Merapi, Jawa Tengah kembali erupsi pada Minggu (21/1/2024) dengan mengeluarkan hujan abu vulkanik dan mengguyur tujuh kecamatan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

    Disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Suratno, dampak dari erupsi Gunung Merapi pada pukul 14.12 WIB yaitu turunnya hujan abu yang menjangkau wilayah Kabupaten Boyolali.

    ā€œKecamatan Selo aman, tidak terdampak hujan abu. Untuk sebarannya [hujan abu] ada di Cepogo, Musuk, Tamansari, Boyolali, Mojosongo, Teras, dan terjauh di Sambi,ā€ kata Suratno.

    Ditambahkan, hujan abu vulkanik akibat erupsi Merapi di Boyolali ada yang intensitasnya sedang dan ada pula yang ringan atau tipis. Suratno mengatakan di wilayah Boyolali hujan abu langsung disapu hujan air. Sehingga, aktivitas masyarakat tidak terganggu secara signifikan. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada namun tidak perlu panik.

    ā€œFenomena ini tidak perlu disikapi secara berlebihan, semuanya tetap aman terkendali. Apabila ada perubahan informasi yang perlu disampaikan terkait aktivitas Merapi, segera kami ikuti dan diambil langkah sebagaimana mestinya,ā€ ungkapnya.

    Dampak hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi pada Minggu siang berdampak sampai ke kawasan Boyolali kota atau Kecamatan Boyolali.

    Hujan abu terlihat di kawasan barat Surowedanan, Kecamatan Boyolali, tepatnya setelah arah papan Jalur Solo-Selo-Borobudur. (berbagai sumber)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   Peringatan Dini BMKG, 5 Wilayah Kalsel Status Waspada Saat Hujan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI