Penjelasan BPBD Soal Ambruknya Bangunan Beton SMPN 6 Banjarmasin Tewaskan 1 Pekerja

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Nasib naas dialami seorang pria yang tewas akibat tertimpa runtuhan bangunan beton di SMPN 6 Banjarmasin, Jalan Kampung Melayu, Gang Sempati, Kelurahan Melayu, Kecamatan Banjarmasin Timur, sekira pukul 18.20 Wita, Jumat (19/1/2024).

    Pria tersebut adalah Muliadi (39), warga Jalan Veteran, Gang Dwikora Rt 27, Kelurahan Sungai Bilu, Kecamatan Banjarmasin Timur.

    Korlap I BPBD Kota Banjarmasin, Akhdiat Yosida mengatakan, runtuhan tersebut diduga ambruk dari atas kemudian menimpa korban.

    “Indikasinya itu bangunanya ambruk karena dalam tahap renovasi,” ujar Yosida, di lokasi kejadian.

    Baca juga: Identitas Korban Tewas Tertimpa Tembok SMPN 6 Banjarmasin, Warga Jalan Veteran Gang Dwikora

    Lebih lanjut, Yosida mengungkapkan, saat proses evakuasi pihaknya sempat terkendala dengan kondisi hari yang sedang hujan, dan juga minimnya penerangan.

    “Kondisi betonnya ini merupakan bangunan beton yang lama, jadi kadar semennya itu cukup padat. Sehingga kita harus mencari celah atau rongga terlebih dahulu untuk mengevakuasi korban,” ungkap Yosida.

    “Namun untuknya, pada bagian bangunan beton yang runtuh itu masih ada rongganya, sehingga kita masih bisa menggunakan palu atau godam untuk menghancurkan runtuhan tersebut,” lanjutanya.

    Ia juga menjelaskan, untuk bangunannya ini roboh permanen, dan di sisi lainnya juga masih ada menyisakan retakan, sehingga rentan terjadinya keruntuhan pada bagian bangunan yang lainnya.

    “Jadi hal itu juga membuat rekanan menjadi ragu dan takut untuk melakukan evakuasi,” jelas Yosida.

    Baca Juga :   Geger! Diduga Mabuk Kecubung, Pria Ceburkan Diri ke Sungai Martapura Bawah Jembatan Dewi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI