Respon Bawaslu Terkait Perusakan APK Caleg Capres di Pemurus Dalam

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Video rekaman CCTV memperlihatkan aksi sejumlah pria menggunakan motor merusak Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif (caleg) dan calon presiden (capres), di kawasan Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Senin (1/1/24) malam direspon Bawaslu Kota Banjarmasin.

    Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, Fachrizanoor mengungkapkan, untuk kasus perusakan APK tersebut memang benar terjadi, dan kejadian tersebut juga terjadi di kawasan lain, seperti di Kecamatan Banjarmasin Utara.

    Kendati demikian, lanjutnya Bawaslu masih belum menerima laporan masuk, terkait permasalahan tersebut.

    Baca Juga

    Zairullah Azhar Pilih Dukung Pasangan Capres Cawapres Prabowo-Gibran 

    “Kita terbuka untuk menerima laporan, tapi mereka melaporkan langsung ke pihak Polresta Banjarmasin,” ungkap Ketua Bawaslu, kepada awak media, Rabu (3/1/2024).

    “Karena di Bawaslu juga ada sentra Gakumdu, jadi mereka meneruskan ke kami, jadi sifatnya mereka menyampaikan perihal terkait perusakan ini,” lanjutnya.

    Lebih lanjut, jelas Fachrizanoor, terkait masalah perusakan tersebut, hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti tujuannya.

    “Apakah itu masuk dalam pidana kampanye, atau masuk dalam pidana umum. Jadi saat ini masih sambil menunggu proses dari pihak kepolisian,” jelas Fachrizanoor.

    “Saat ini kami dengan pihak kepolisian masih melakukan koordinanasi terkait masalah ini,” sambungnya.

    Ketua Bawaslu juga membeberkan, apabila kejadian tersebut terbukti sebagai tindak pidana kampanye, maka untuk orang atau calon yang terlibat dalam kasus tersebut, akan diberikan sanksi.

    “Kalau terbukti melakukan pidana, tentunya pasti akan mempengaruhi pencalonannya. Misalkan orang yang terpidana ini terpilih dalam pencalonannya, maka orang ini bisa akan digugurkan, tapi hal ini tidak akan menghentikan proses pemilihannya, karena prosesnya sudah berjalan, tapi dia akan digugurkan apabila nanti sudah terpilih,” tandasnya

    Baca Juga :   Polda Kalsel Gelar Lomba Burung Berkicau Sekaligus Deklarasi Pilkada 2024 Damai

    Sebelumnya rekaman video memperlihatkan empat orang pria yang menaiki dua buah kendaraan bermotor, sembari membawa senjata tajam (Sajam), lalu merusak APK yang ada di kawasan tersebut.

    Informasi dihimpun, ada sejumlah lokasi seperti di Jalan Raya Beruntung Jaya, Jalan Samudra, Jalan Bangau Putih, Jalan Ramin, dan Jalan Banjarmasin Indah, yang  APK nya rusak lantaran terkena sabetan Sajam.(Iqnatius)

    Editor Restu

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI