Stop Buang Rambut Jagung, Simak Manfaatnya bagi Kesehatan

    WARTABANJAR.COM – Saat membeli jagung di pasar yang masih terbungkus kulit, pasti akan menemukan rambutnya.

    Namun, sering saat akan menggunakan jagung untuk dibuat masakan atau cemilan, rambutnya dibuang.

    Ternyata rambut jagung ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seperti mengatasi masalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, radang sendi.

    Seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (1/11/2023), rambut jagung memiliki banyak kadungan senyawa antioksidan seperti tanin, allantoin, saponin, dan fitosterol.

    Selain itu, rambut jagung juga mengandung karbohidrat, protein, serat, serta vitamin seperti vitamin E dan vitamin K. Berikut ini adalah manfaat rambut jagung bagi kesehatan tubuh:

    Menurunkan Tekanan Darah

    Rambut jagung punya kandungan sifat diuretik, artinya bisa membuang kelebihan air dan garam dari dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian, hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

    Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

    Bagi yang bermasalah dengan saluran kemih, rambut jagung bisa jadi alternatif obat untuk mengurangi gejala infeksinya. Sifat anti radang dalam rambut jagung dapat mengurangi rasa nyeri dan terbakar saat buang air kecil.

    Mengatasi Diabetes

    Rambut jagung yang diekstrak bisa memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit diabetes. Dengan rambut jagung yagn telah diolah dapat memperlambat penyerapa gula di usus. Dengan perlambatan itu, lonjakan gula darah mampu diatasi.

    Tak hanya itu, rambut jagung punya senyawa yang bisa menghambat kerja enzim yang membantu produksi hormon angiotensin II. Asal tahu saja hormon ini bisa meningkatkan tekanan darah.

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI