Cuaca Buruk, Perbanyak Makanan Ini untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

    WARTABANJAR.COM – Kualitas udara kota Jakarta sangat buruk beberapa minggu terakhir. Di tengah kondisi demikian, orang pun rentan terkena penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut).

    Untuk terhindar dari masalah kesehatan yang menyerang saluran pernapasan, seperti hidung, faring, dan laring ini, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

    Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi zat besi bisa mencegah atau mengurangi efek dari infeksi pernapasan. Zat ini juga mampu meningkatkan imunitas tubuh.

    Hanya dengan mengonsumsi suplemen zat besi, dalam waktu 24 jam, orang dengan gejala batuk dan pilek akan merasakan masalah kesehatannya itu berkurang.

    Oleh karenanya, sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi zat besi di tengah kondisi udara yang buruk sekarang.

    Terlebih bagi orang yang memiliki imunitas tubuh rendah dan mudah terkena ISPA.

    Selain suplemen, zat besi dapat diperoleh dari beragam makanan yang kaya akan nutrisi tersebut.

    1. Kerang
      Di antara semua jenis produk ikan dan seafood, kerang adalah jenis makanan yang sangat tinggi protein dan zat besinya. Dalam 3 ons kerang mengandung sekitar 32 mg zat besi.

    Selain kerang, jenis seafood yang cukup tinggi zat besinya adalah kepiting dan udang. 3 ons udang atau kepiting paling tidak mengandung 3 mg dan 1,5 mg zat besi.

    1. Telur
      Telur adalah salah satu jenis makanan yang mudah didapat dan memiliki banyak protein, termasuk zat besi. Dalam satu telur ukuran besar terkandung sekitar 0,6 mg zat besi.

    Di saat kondisi ini, konsumsi telur setiap hari. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara seperti omelet, direbus, atau telur setengah matang.

    1. Daging merah
      Walau tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak daging merah karena kandungan lemak jahatnya, tetapi sesekali mengkonsumsi daging diperlukan untuk asupan zat besi dalam tubuh.
    Baca Juga :   Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini Jumat 5 Juli 2024: Aries Sedang Naksir, Virgo Dekati Terus

    Dalam tiga ons daging merah terkandung sedikitnya sekitar 3,8 mg zat besi.

    1. Polong-polongan
      Jenis polong-polongan seperti kacang polong, buncis atau edamame sangat baik untuk menambah asupan zat besi dalam tubuh.

    Selain mengandung zat besi, jenis polong-polongan juga kaya dengan serat dan mikronutrisi yang baik bagi tubuh.

    1. Produk susu
      Produk susu seperti susu murni, yoghurt dan keju sangat kaya dengan zat begi. Pada 1,5 ons keju saja sudah mengandung sekitar 1,5 mg zat besi.

    Sementara dalam satu cangkir susu murni low fat dan 6 ons yoghurt mampu menyediakan zat besi sebanyak 1 mg.

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI