Viral Gas LPG Bocor Direndam Air, Cek Fakta

WARTABANJAR.COM – Video memperlihatkan sebuah tabung gas LPG berukuran tiga kilogram direndam dalam baskom berisi penuh air.l viral di media sosial, Selasa (3/1).

Tampak LPG mengeluarkan asap dari baskom penuh air itu. Pengunggah dalam narasi mengklaim cara tersebut manjur dalam mengatasi kebocoran gas dan menghindari ledakan serta kebakaran akibat tabung gas bocor.

Faktanya, informasi yang beredar tersebut tidak tepat. Dikutip dari situs Kominfo dari antaranews.com, Ketua Tim Perlindungan Konsumen Pemerintah Kota Tasikmalaya Odang Saefudin menerangkan bahwa upaya merendam tabung gas hanya untuk mendeteksi kebocoran tabung.

Baca Juga

Harga BBM Non Subsidi Turun, Cek di Sini

Namun, cara yang beredar di media sosial tersebut bukanlah solusi untuk menghindari ledakan dan kebakaran akibat kebocoran tabung gas.

Dalam artikel sehatq.com yang ditinjau dokter Anandika Pawitri, disebutkan bahwa tindakan yang dianjurkan ketika menyadari ada kebocoran gas adalah melepaskan regulator, lalu tabung gas yang bocor tersebut dibawa ke area terbuka.

Selain itu, masyarakat diminta membuka pintu, ventilasi, dan jendela rumah agar gas yang berada dalam ruangan dapat segera keluar.(aqu)

Editor Restu

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini