Jadi Langganan Banjir, Warga Desa Sinar Bulan Tanahbumbu Bakal Direlokasi



WARTABANJAR.COM, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, bakal merelokasi warga Sinar Bulan, yang kini mengungsi akibat banjir tahunan yang melanda desa di daerah tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Eryanto Rais, di Batulicin, Minggu mengatakan banjir yang terjadi di Desa Sinar Bulan, Kecamatan Satui, Tanah Bumbu, merupakan banjir yang terjadi hampir setiap tahun.

Jadi, kata dia, hampir setiap tahun, sekitar 58 kepala keluarga Desa Sinar Bulan tersebut mengungsi untuk menghindari banjir yang terjadi di desa mereka.

“Kemarin Bapak Bupati Tanah Bumbu dr Zairullah Azhar turun langsung ke lapangan, dan wawancara dengan pengungsi, yang intinya mereka siap untuk direlokasi,” katanya.

Relokasi tersebut, ujar dia, khusus bagi sekitar 58 kepala keluarga yang kini mengungsi di SMP IV Satui.

Menurut Eryanto, hampir setiap tahun rumah ke 58 kepala keluarga tersebut selalu terendam banjir, sehingga perlu ada solusi jangka panjang, salah satunya adalah relokasi, sehingga di masa mendatang, peristiwa seperti ini tidak terulang.

Rencananya, ke 58 kepala keluarga tersebut direlokasi tetap di daerah Desa Sinar Bulan, namun di lokasi yang lebih tinggi, seperti di sekitar sekolah tempat mereka mengungsi saat ini.

“Nanti melalui kepala desa, rencana tersebut akan ditindaklanjuti, termasuk rencana untuk mencari lahan yang tepat yang bebas banjir. Setelah itu, baru dipersiapkan pembangunan rumahnya,” katanya.

Diharapkan, seluruh warga yang akan direlokasi, nantinya membuat surat pernyataan bersedia pindah dari lokasi tempat tinggal mereka saat ini, ke lokasi baru.

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini