TMMD Ke 110 di Hulu Sungai Selatan, Buka Akses Jalan Kampung Pariangan Desa Batubini Padang Batung

WARTABANJAR.COM, KANDANGAN – Akses jalan ke kampung Pariangan Desa Batubini Kecamatan Padang Batung Kandangan belum memadai. Kondisi jalan masih melewati jalan setapak sehingga kesulitan bagi petani membawa hasil panennya dijual ke daerah lain.

Kampung yang memiliki luas wilayah 203,93 Kilometer persegi, dengan jumlah penduduk 2,057 jiwa terdiri dari laki-laki 1,047 jiwa perempuan 1,010 jiwa dan penduduk mayoritas suku Banjar berjumlah 2.050 jiwa dan suku Jawa 19 Jiwa, dengan mata pencaharian bekerja sebagai petani.

kampung Pariangan ini kaya akan sumber daya alam yang belum tergali salah satunya potensi pariwisata dan ekonomi kreatif. Apabila potensi tersebut dapat digali maka akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat setempat seperti potensi matapencaharian baru yang dapat menambah pendapatan sehingga masyarakat menjadi lebih maju dan sejahtera.

Hal inilah yang menjadi dasar dan semangat tersendiri bagi Kodim 1003/Kandangan untuk melaksanakan TMMD ke 110, dengan membuka kampung terisolir menuju kampung pariwisata. Kegiatan TMMD ke 110 guna untuk membuka kampung Pariangan dengan membuka potensi wisata desa dengan cara terlebih dahulu melakukan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat tentang pengembangan potensi wisata desa.

Pada program TMMD Ke-110 ini Kodim 1003/Kandangan bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) memberikan materi tentang potensi Pariwisata di daerah Kampung Pariangan yang sekarang menjadi lokasi TMMD.

Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menyampaikan bahwa, TMMD ke 110 ini terdapat dua sasaran yaitu sasaran fisik dan sasaran non fisik, untuk sasaran fisik berupa pembuatan dan pengerasan jalan Pariangan-malilingin sepanjang 1.300 meter X 6 meter dan pembuatan Jembatan gelagar baja 6 meter x 6 meter.

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini