Satgas Optimistis PPKM Berdampak Signifikan, Kasus Harian Melandai

Keterisian tempat tidur di ruang ICU memperlihatkan tren yang cukup stagnan pada dua pekan pertama Januari 2021, dan sempat meningkat tajam pada pekan pertama PPKM atau pekan ketiga Januari 2021. Namun, terus turun perlahan pada pekan kedua.

Meski demikian terdapat peningkatan tajam pada hari kesembilan pelaksanaan PPKM, yaitu mencapai 69,19 persen.

Namun angkanya kembali menurun menjadi 6,23 persen hingga berada di angka 62,96 persen pada akhir pekan kedua PPKM atau akhir bulan Januari 2021.

Itu karena pemerintah melakukan intervensi dengan menambah tempat tidur di ruang isolasi dan ruang ICU rumah sakit rujukan.

Kasus aktif harian melandai

Wiku menuturkan perkembangan kasus aktif harian belum menurun dan hanya menunjukkan pelandaian.

Untuk itu, diharapkan PPKM yang masih berjalan hingga dua pekan ke depan dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan disiplin sehingga dapat menekan penularan Covid-19-19 di tengah masyarakat.

Pembatasan mobilitas dan penegakan kedisiplinan protokol kesehatan harus dilakukan dengan tegas.

Sementara itu, pada perkembangan kasus positif mingguan, penambahannya terus meningkat, tidak terkecuali selama PPKM. Tetapi secara mingguan kenaikannya lebih rendah dibandingkan sebelum PPKM yakni sebelum PPKM sebesar 27,5 persen dan setelah PPKM kenaikannya menjadi 9,5 persen.

“Namun, seharusnya pembatasan kegiatan baru bisa dikatakan berhasil apabila mampu menurunkan angka kasus positif mingguan,” ujar Wiku.

Terkait kepatuhan memakai masker, jumlah kabupaten/kota menurun pada masa awal PPKM, yakni dari 263 kabupaten/kota menjadi 250 kabupaten/kota atau sebesar 5,2 persen.

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini