Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin: Saatnya Tegas Membenahi Sungai dan Drainase


    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN
    – Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, M Isnaini, menyatakan musibah banjir yang melanda ibu kota provinsi Kalimantan Selatan demikian juga daerah lainnya, menjadi penting untuk memperbaiki fungsi sungai hingga drainase.

    “Aliran-aliran sungai dan drainase memang harus diperbaiki betul, dampak banjir yang terjadi saat ini luar biasa,” ujarnya di gedung dewan kota, Senin.

    Menurut dia, banjir yang melanda Kota Banjarmasin tidak pernah terbayangkan akan sebesar ini, hingga semua berpikir kondisi sungai dan drainase di kota berjuluk seribu sungai ini ada masalah serius.

    Sebab, kata dia, durasi musibah banjir yang cukup panjang bahkan hingga hari ke-12 ini belum usai genangan yang terjadi disejumlah wilayah.

    “Jadi masyarakat memang berharap besar pemerintah kota dapat menangani musibah ini secepatnya,” kata Isnaini.

    Isnaini (antara)
    Isnaini (antara)

    Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, pemerintah kota mesti menyelesaikan musibah banjir ini dengan baik, jika ada aliran sungai dan drainase yang bermasalah.

    Namun pula, tutur Isnaini, pemerintah kota mesti berlaku tegas bagi bangunan yang menutup aliran sungai dan drainase.

    “Seperti normalisasi sungai Veteran yang saat ini pemerintah kota lakukan, ada beberapa bangunan toko yang berada di atas sungai itu akhirnya dibongkar demi memperlancar aliran air di sana untuk menyurutkan banjir,” papar Isnaini.

    Normalisasi sungai Veteran dari bangunan.(Antaranews Kalsel/istimewa)
    Dia pun berharap, langkah tegas ini berlanjut untuk menormalisasi sungai lainnya, karena Banjarmasin memiliki ratusan sungai yang kondisinya terus menyempit karena bangunan.

    Baca Juga :   Seorang IRT di Kotabaru Nyaris Jadi Korban Jambret, Pelaku Sedang Diburu Polisi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI