Cara Menggunakan Payung untuk Membeladiri

    Harry Budiman : Praktisi Karate & Beladiri Praktis

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Payung tidak hanya berfungsi sebagai pelindung diri dari guyuran hujan maupun terpaan terik matahari, payung juga bisa dijadikan alat bantu dalam membeladiri.

    Ya, payung bentuk panjang maupun pendek sama-sama bisa digunakan sebagai senjata. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi yang suka bawa payung. Terutama bagi wanita.

    Penggunannya hampir sama dengan tongkat. Bisa untuk menangkis, menghalau, memukul. Selain itu bisa untuk menusuk dan mengait.

    Kelebihan senjata payung adalah ujung yang tajam yang bisa digunakan untuk menusuk dan handle atau pegangan berbentuk kait (selain itu ada juga pegangan lurus pada payung pendek).

    Satu lagi, payung yang terbuka dapat menjadi ‘perisai’ sekaligus menghambat pergerakan lawan dan menghalangi pandangan lawan.

    Tentunya menggunakan payung untuk membeladiri diperlukan serangkaian latihan sehingga saat diperlukan kita tidak asal tangkis, pukul dan kait tapi ada teknik yang membuat kita bisa selamat dalam situasi bahaya.

    Latihan simulasi bisa diawali dari serangan lawan dari depan, lanjut serangan dari samping dan kemudian serangan dari belakang. Baik apakah lawan tangan kosong atau bersenjata (tumpul, tajam, api).

    Latihan juga bisa dikembangkan menghadapi lawan dua orang, tiga orang atau empat orang. Sebab payung juga bisa digunakan dalam situasi dikeroyok. Lebih lanjut mengenai teknik penggunaan payung ini silakan Anda simak tutorialnya pada video berikut.

    Selamat berlatih. (*)

    Baca Juga :   Pilbup HSU, Ini Nomor Urut Tiga Paslon yang Bakal Bertarung pada 27 November

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI