Berikut Amalan Sunnah di Hari Jumat

    Oleh Ustadz Muhammad Rijal Fathoni, S.Pd.I

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN –  Allah SWT. telah menetapkan hari Jum’at merupakan hari rayanya kaum muslimin. Dimana pada hari Jum’at Allah SWT gandakan ibadah padala padanya.

    Jumat adalah hari yang sangat istimewa. Di hari ini, doa-doa yang dipanjatkan menjadi mustajab atau mudah dijawab oleh Allah SWT.

    Rupanya tak hanya itu, ada beberapa penyebab lainnya yang menjadikan hari Jum’at sebagai hari yang sangat istimewa bagi umat Islam.

    Bahkan Rasulullah pun pernah bersabda, “Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah Hari Jum’at.” (HR. Muslim).

    Lalu apa saja yang membuat hari Jum’at menjadi sangat istimewa?

    1. Rasulullah SAW bersabda, “Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jum’at sebagai hari raya mereka. Oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jum’at sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jum’at, Sabtu, dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk.” (HR. Muslim)
    1. Perintah Melaksanakan Salat Jum’at

    Hari Jum’at merupakan hari diperintahkannya umat Islam khususnya laki-laki untuk melaksanakan salat Jum’at.

    Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kaum-kaum itu berhenti dari meninggalkan salat Jum’at. Atau (jika tidak) Allah pasti akan mengunci hari mereka, kemudian mereka pasti menjadi orang-orang yang lalai.” (HR. Muslim).

    Sedangkan dalam riwayat lain Rasulullah SAW menyebutkan, “Saalat Jum’at adalah hak yang diwajibkan kepada setiap Muslim kecuali empat orang, budak atau wanita, atau anak kecil, atau orang sakit.” (HR. Abu Daud)

    Baca Juga :   Bejat !! Ayah Kandung Tega Cabuli Anak Sendiri Lalu Menjualnya ke Teman

    Dikutip dari Kitab Fiqhul Islam wa Adillathuhu karya Syekh Wahbah Az Zuhaili, berikut ini sejumlah dalil yang menjelaskan keutamaan amalan sunnah di hari Jumat. Mulai dari memakai pakaian putih, cukur kumis hingga memakai wangi-wangian.

    Bagi Umat Islam, ada sejumlah amalan sunnah di hari Jumat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Seperti mandi, mencukur kumis, potong kuku, memakai pakaian putih hingga memakai wangi-wangian.

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI