Banyak Pemain Naturalisasi, ini Jawaban Kemenkumham dan Erick Thohir

    WARTABANJAR.COM – Kontroversi naturalisasi pemain Timnas Indonesia di media sosial akhirnya dijawab Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

    Kemenkumham turut berkontribusi dalam upaya membantu Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026 melalui proses naturalisasi pemain.

    Hal itu disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, dalam keterangan tertulis usai konferensi pers di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

    Baca Juga

    Pengendali Narkoba dari Lapas Tarakan, Masukkan 7 Ton Sabu 

    “Pemerintah, khususnya Kemenkumham, akan terus memberikan dukungan penuh bagi kemajuan olahraga di Indonesia, termasuk sepak bola,” ujar Supratman.

    Menurutnya dukungan yang diberikan kepada Timnas Indonesia, melalui program naturalisasi, dapat mengangkat nama baik Indonesia di kancah internasional, terutama di cabang sepak bola.

    Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, juga menegaskan bahwa naturalisasi pemain merupakan langkah terhormat dan sesuai dengan aturan FIFA.

    “FIFA mengizinkan setiap negara untuk menaturalisasi pemain, dan hal ini menjadi salah satu cara untuk memperbaiki prestasi timnas,” ujar Erick.

    Langkah naturalisasi ini diharapkan dapat memperkuat Timnas Indonesia dalam menghadapi persaingan di Piala Dunia 2026, sehingga prestasi timnas di tingkat internasional dapat semakin membanggakan.

    Pada Selasa (17/9), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bersama Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas telah menggelar rapat di Komisi III DPR RI terkait naturalisasi pemain sepak bola, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers. Hasil rapat tersebut menyetujui naturalisasi kedua pemain tersebut menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

    Baca Juga :   Ini Dia Atlet Arung Jeram Balangan Sumbang 3 Medali untuk Kalsel di PON XXI Aceh-Sumut 2024

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI