Breaking News, Kebakaran Hebat Landa Pasar Lama

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASINKebakaran kembali berkobar di kawasan pemukiman penduduk di kawasan Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah. Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 23.15 Wita, Selasa (07/09/2024).

    Pantauan Wartabanjar.com di lapangan, terlihat kepanikan warga atas musibah tersebut. Mereka bersama relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin sedang melakukan upaya pemadaman terhadap Si Jago Merah.

    Warga di lokasi kejadian, Andre memperkirakan, kemungkinan rumah warga yang terbakar.

    “Tidak tahu jumlahnya berapa, tapi kalau di dalam itu rumahnya cukup padat dan mepet-mepet,” ujar Andre, di lokasi kejadian.

    “Apa lagi di dalam itu rumahnya rata-rata terbuat dari kayu,” tambahnya.

    Baca juga: Jusuf Kalla Kritik Keras Presiden Jokowi Yang Pilih Mendikbud Payah

    Hingga saat ini, tim gabungan masih berusaha untuk memadamkan api secara total di lokasi kejadian.

    Karena itulah diingatkan kembali kepada masyarakat akan bahaya api. Berikut ini beberapa langkah mencegah musibah tersebut terjadi di rumah:

    1. Mematikan alat elektronik
    Tips mencegah kebakaran yang pertama adalah mematikan alat elektronik saat bepergian. Penggunaan listrik berlebihan yang menyebabkan arus pendek listrik dapat meningkatkan potensi terjadinya kebakaran. Oleh karena itu, jangan lupa mencabut semua peralatan elektronik yang tidak digunakan.

    2. Jangan tinggalkan kompor dalam keadaan menyala
    Tips mencegah kebakaran selanjutnya adalah tidak meninggalkan kompor dalam keadaan menyala. Jadi, pastikan tetap berada di dapur selama proses memasak berlangsung. Tujuannya untuk mengetahui potensi kebocoran tabung gas yang menjadi pemicu kebakaran.

    3. Awasi penggunaan lilin
    Lilin menjadi salah satu alat penerang saat mati lampu. Penempatannya harus kamu perhatikan, jangan sampai letakkan di dekat sofa atau barang-barang yang mudah terbakar. Agar lebih aman dalam menggunakan lilin, tempatkan dalam gelas dan awasi penggunaannya.

    4. Jauhkan benda yang mudah terbakar
    Tips mencegah kebakaran selanjutnya adalah menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar, seperti plastik, kertas, dan kain. Jangan menyimpan benda-benda tersebut di dekat kompor atau lilin karena api dengan cepat menyambar dan menyebabkan kebakaran di dalam rumah.
    Selain pencegahan terjadinya kebakaran di rumah, kamu dan keluarga harus memahami “4 Langkah Pertolongan Pertama saat Terjadi Kebakaran“. Sebab, bencana bisa terjadi kapan saja, sehingga lebih baik pahami langkah-langkah yang tepat untuk menghadapinya.

    5. Jangan merokok di dalam rumah
    Selain menyebabkan masalah paru-paru, merokok bisa menjadi pemicu si jago merah. Jika puntung dibuang dalam keadaan masih menyala dan tertiup angin, hal tersebut dapat memicu kobaran api. Apalagi jika puntung yang masih menyala menempel pada sofa dan benda lain yang mudah terbakar.

    6. Memeriksa kabel listrik rumah
    Memeriksa kabel listrik secara berkala jadi tips mencegah kebakaran lainnya. Meski terlihat baik-baik saja, kamu tetap melakukan proses pengecekan.
    Pasalnya, bisa saja kabel yang tersembunyi rusak akibat gigitan tikus. Jika tak segera melakukan penanganan, kabel tersebut akan menjadi penyebab listrik konslet, yang dapat berujung pada kobaran api.

    7. Jangan membakar sampah di sekitar rumah
    Terakhir, kamu sebaiknya tidak membakar sampah di sekitar rumah. Sama halnya dengan puntung rokok yang masih menyala, terbangnya sampah yang terbakar bisa menjadi salah satu pemicu api. Alih-alih dibakar, dedaunan kering yang berjatuhan dari pohon bisa kamu jadikan sebagai pupuk kompos. (Iqnatius)
    Editor: SIdik Purwoko
    Baca Juga :   Nomor Urut Pilwali Banjarbaru : Hj Erna Lisa Halaby-Wartono Nomor 1, Aditya-Habib Abdullah Nomor 2

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI