Kereta Listrik Asal China Mulai Dioperasikan di IKN Agustus 2024

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut rangkaian Autonomous Rail Transit (ART) atau Trem Otonom dijadwalkan tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juli dan beroperasi pada Agustus 2024.

    Hal ini disampaikan Menhub Budi saat meninjau lokasi jalur Trem Otonom di Jalan Sumbu Kebangsaan pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Jumat (12/7/2024).

    “Rangkaian Trem Otonom telah dikirim dari China pada awal Juli 2024,” ujar Menhub Budi dikutip dari laman resmi Kemenhub pada Minggu (14/7/2024).

    “Menurut perhitungan, kapal ekspedisi yang mengangkut Trem otonom akan tiba di Pelabuhan Balikpapan dan dijadwalkan tiba di IKN pada akhir Juli 2024 setelah proses kepabeanan selesai. Trem Otonom dipastikan sudah bisa beroperasi pada Agustus 2024,” sambungnya.

    Baca juga: Minggu Raya Banjarbaru Akan Jadi Pusat Kuliner Tradisional

    Menhub menjelaskan, setelah sampai di IKN nantinya komponen Trem Otonom rencananya akan dirakit dan mulai diuji coba secara internal. Kemudian, akan dilakukan pula persiapan dan pelaksanaan pengujian bersama, dilanjutkan dengan pelaksanaan Proof of Concept (POC) pada Agustus 2024. Adapun rencana showcase alias unjuk kerja akan dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2024.

    “Semoga jadwal ini dapat terealisasi sesuai rencana, dan Trem Otonom di IKN benar-benar bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas,” tuturnya.

    Ditambahkan Menhub, Trem Otonom merupakan lompatan penggunaan teknologi baru dalam dunia transportasi di Indonesia, yakni kereta api tanpa rel.

    Baca Juga :   Kominfo Gandeng Polri dan BSSN Tindaklanjuti Bjorka Bocorkan Data NPWP

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI