Tercatat di MURI, 1.001 Prajurit TNI Membatik Massal

    WARTABANJAR.COM, YOGYAKARTA – Sebanyak 1.001 prajurit TNI dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) berkumpul untuk menggelar aksi membatik massal dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional pada Senin (2/10/2023). Acara berlangsung di Jalan Jenderal Sudirman, Yogyakarta, sekaligus memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

    Acara bertajuk “Abhinaya Abyakta Batik Jogja 2nd Series 2023” ini diselenggarakan atas kerja sama antara Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), TNI, komunitas seniman, The Phoenix Hotel Yogyakarta, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

    Mereka masing-masing membawa selembar kain putih berukuran 50×50 cm yang bermotif burung Phoenix. Setiap kelompok dilengkapi dengan satu kompor yang memiliki cairan malam di atas wajan kecilnya, dan masing-masing prajurit memegang canting. Aktivitas membatik ini berlangsung selama sekitar 45 menit.

    Baca juga: Penjelasan DPKP Banjar Terkait Rumah Ambruk di Jalan Pemajatan Km 1,5 Gambut

    Petugas dari Museum Rekor Indonesia (Muri) turut mengawasi dan menghitung setiap prajurit yang berpartisipasi dalam aksi membatik massal ini. Muri mencatat kegiatan ini sebagai rekor ke-11.264.

    Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Beny Suharsono menyatakan bahwa acara ini sangat istimewa. Pada tanggal 2 Oktober, pada tahun 2009, Batik Indonesia diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dan diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

    “DIY telah memiliki tiga warisan budaya tak benda yang diakui UNESCO, yaitu keris, wayang, dan batik. Oleh karena itu, kita memiliki tanggung jawab bersama untuk menghidupkan warisan budaya tak benda ini dalam berbagai bentuk dan media,” ujar Beny.

    Baca Juga :   Vietnam dan Malaysia Ambil Langkah Amankan Warganya di Lebanon

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI