FAKTA-Fakta Hilangnya Kapal Selam Wisata Titanic, Daftar Orang Kaya Dunia hingga Tiket Rp3,8 M Per Orang

    WARTABANJAR.COM, BOSTON – Kapal selam yang membawa wisatawan penjelajah bangkai Titanic dikabarkan hilang di lepas pantai Kanada Tenggara. Sebagai perusahaan yang mengoperasikannya, OceanGate Expeditions tengah melakukan upaya penyelamatan terhadap para penumpang, termasuk miliarder Inggris Hamish Harding.

    Seorang pengusaha terkemuka Pakistan dan putranya termasuk di antara lima orang di kapal selam wisata Titanic yang masih hilang di Atlantik Utara.

    Selain itu, ada miliader Inggris bernama Hamish Harding. Perusahaan penerbangannya mengonfirmasi dia ikut dalam ekspedisi tersebut.

    BACA JUGA: 53 Unit Rumah untuk Ahli Waris Korban Kapal Selam Nanggala-402 Rampung

    Kapal selam wisata Titanic sepanjang 6,5 meter ini dioperasikan oleh OceanGate Expedition. Penyelaman dilakukan pada Minggu (18/6/2023), dan hilang kontak kurang dari dua jam kemudian.

    Berikut ini adalah daftar penumpang kapal selam wisata Titanic yang belum ditemukan:

    1. Hamish Harding
    Miliarder Inggris dan ketua perusahaan penerbangan Action Aviation itu termasuk di antara mereka yang hilang.

    Harding yang menetap di Dubai telah memposting di media sosial bahwa dia bangga menuju Titanic sebagai “spesial misi”.

    “Karena musim dingin terburuk di Newfoundland dalam 40 tahun terakhir, misi ini kemungkinan besar akan menjadi misi berawak pertama dan satu-satunya ke Titanic pada tahun 2023,” tambahnya, dikutip dari Reuters.

    Harding juga ikut serta dalam misi penerbangan “One More Orbit” pada 2019 yang mencatat rekor penerbangan tercepat mengelilingi bumi dengan pesawat terbang di kedua kutub geografis.

    “Dia tidak tinggal diam. Jika dia tidak bekerja keras, dia menjelajah dengan keras,” kata Jannicke Mikkelson, seorang penjelajah dan teman Hamish.

    2-3. Shahzada Dawood dan anaknya Suleman
    Pihak keluarga telah mengonfirmasi bahwa mereka ada di kapal selam.

    Shahzada adalah vice chairman salah satu konglomerat terbesar Pakistan, Engro Corporation, dengan investasi pada pupuk, manufaktur kendaraan, energi, dan teknologi digital.

    Dalam situs web SETI, sebuah lembaga penelitian yang berbasis di California di mana ia menjadi salah satu pengawasnya, disebutkan bahwa Shahzada tinggal di Inggris bersama istri dan dua anaknya.

    Minat Shahzada meliputi fotografi satwa liar, berkebun, dan menjelajahi habitat alami, sedangkan Suleman adalah penggemar literatur fiksi ilmiah, menurut pernyataan dari Dawood Group.

    4. Paul-Henri Nargeolet
    Penjelajah asal Perancis berusia 77 tahun itu dilaporkan termasuk di antara lima orang di dalam kapal selam wisata Tinatic yang masih hilang.

    Dia adalah direktur penelitian bawah laut di sebuah perusahaan yang memiliki hak atas bangkai kapal Titanic.

    Nargeolet merupakan seorang mantan komandan di Angkatan Laut Perancis.

    Dia adalah seorang penyelam yang dalam dan penyapu ranjau.

    Setelah pensiun dari angkatan laut, dia memimpin ekspedisi penyelamatan pertama ke Titanic pada tahun 1987 dan merupakan otoritas terkemuka di lokasi bangkai kapal.

    Dalam wawancara tahun 2020 dengan radio France Bleu, dia berbicara tentang bahaya penyelaman dalam.

    “Saya tidak takut mati, saya pikir itu akan terjadi suatu hari nanti,” kata dia saat itu.

    5. Stockton Rush
    Stockton Rush adalah pendiri dan CEO perusahaan operasi kapal yang berbasis di AS, OceanGate.

    Dia dilaporkan juga berada di kapal selam, menurut laporan media.

    “Ini adalah bangkai kapal yang luar biasa indah,” kata Rush kepada Kantor berita Inggris Sky News tentang Titanic awal tahun ini. “

    Rush tercatat menjadi pilot dengan peringkat transportasi jet termuda di dunia ketika dia memperoleh peringkat DC-8 Type/Captain’s di United Airlines Jet Training Institute pada tahun 1981 di usia 19 tahun.

    BACA JUGA: TNI Al Turunkan Pasukan Katak dan Kapal Selam dalam Latihan Perang Laut Khusus

    Tiket Rp3,8 Miliar

    Kapal selam yang membawa wisatawan penjelajah bangkai Titanic dikabarkan hilang di lepas pantai Kanada Tenggara. Sebagai perusahaan yang mengoperasikannya, OceanGate Expeditions tengah melakukan upaya penyelamatan terhadap para penumpang, termasuk miliarder Inggris Hamish Harding.

    Ide wisata ini sempat membuat publik tercengang selama beberapa tahun terakhir lantaran biayanya yang cukup fantastis. Penasaran berapa harga dan fasilitas apa saja yang akan tersedia? Simak informasinya di bawah ini!

    Iya, kamu tidak salah baca, Bela. Wisata jelajah bangkai Titanic ini memang memakan biaya US$250 ribu atau sekitar Rp3,8 miliar per orangnya. OceanGate Expeditions tercatat sukses menyelesaikan perjalanan ini pada 2021 dan 2022 lalu.

    Mengutip dari situs resmi oceangate.com, perjalanan ini mematuhi pedoman NOAA Guidelines for Research Exploration and Salvage of RMS Titanic [Docket No. 000526158–1016–02]. Mereka pun mengikuti pedoman yang ditetapkan UNESCO mengenai kelestarian situs warisan dunia bawah laut.

    Dengan harga fantastis tersebut, wisatawan akan diajak menjadi seorang penjelajah selama 10 hari (dengan 8 hari di lautan). Satu tim akan terdiri dari enam spesialis misi. Mereka berangkat dari St. John, Newfoundland lalu berlayar sejauh 400 mil menuju titik karamnya Titanic. Perjalanan dilanjutkan dengan menyelam hingga kedalaman maksimal 12.500 kaki atau 3.800 meter menuju situs bangkai kapal legendaris tersebut.

    Masih dari situs resmi OceanGate Expeditions, Ekspedisi Titanic ini melibatkan survei ilmiah dan teknologi terhadap bangkai kapal tersebut.

    Beberapa misi yang harus dilakukan wisatawan antara lain:

    – Melengkapi pekerjaan yang dilakukan pada ekspedisi ilmiah sebelumnya untuk mengambil data dan gambar untuk studi ilmiah lanjutan di situs tersebut.
    – Mendokumentasikan kondisi bangkai kapal dengan kualitas foto dan video high definition (HD).
    – Mendokumentasikan flora dan fauna yang menghuni situs bangkai kapal untuk dibandingkan dengan data yang dikumpulkan pada ekspedisi ilmiah sebelumnya, serta menilai perubahan habitat dan situs warisan maritim dengan lebih baik.(wartabanjar.com/berbagai sumber)

    editor : didik tm

    Baca Juga :   Geger 7 Mayat Remaja Ditemukan Mengambang di Kali Bekasi, Polisi Amankan Belasan Orang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI