Menkeu Ungkap Utang Luar Negeri Kementerian Pertahanan Capai Ratusan Triliun Rupiah

    WARTABANJAR.COM, JAKARTAUtang luar negeri Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto ratusan triliun rupiah.

    Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati hasil dari rapat bersama Menhan Prabowo Subianto.

    Rapat membahas belanja alat utama sistem pertahanan (alutsista) dari pinjaman luar negeri yang naik cukup signifikan.

    Menkeu mengatakan, di luar anggaran yang telah diberikan pemerintah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Kemenhan juga melakukan belanja alutsista dari pinjaman luar negeri untuk periode 2020-2024 sejumlah US$25 miliar setara Rp385 triliun (kurs Rp15.400 per dolar AS).

    Baca juga: Viral! Pria Muda Meninggal Dunia di Masjid Saat Sujud Shalat, Terjadi di Gresik

    “Ada kenaikan signifikan dari US$20,75 miliar menjadi US$25 miliar. Itu yang disepakati kemarin,” ujar Menkeu usai Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKD TA 2024 di Istana Kepresidenan, Rabu (29/11/2923).

    Sri Mulyani juga mengungkapkan bahwa kenaikan anggaran baik dari sisi DIPA maupun pinjaman luar negeri seiring dengan kondisi geopolitik yang tengah memanas.

    “Kemenhan menganggap kebutuhan sesuai kondisi alutsista dan kemudian ancaman serta peningkatan dinamika geopolitik dan geosecurity dan di sisi lain masih sesuai dengan rencana kita dari sisi perancanaan penganggaran jangka panjang,” jelasnya.

    Selain itu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menyebutkan bahwa hingga 2034 mendatang, Jokowi telah menyutujui tiga rencana strategis di Kemenhan yang membutuhkan pinjaman luar negeri sejumlah US$55 miliar.
    “Keputusan Bapak Presiden sebelumnya yaitu US$55 miliar untuk memenuhi berbagai belanja alutsista dari pinjaman LN selama 3 renstra. Jadi dalam hal ini 2024 – 2029 nanti kemudian 2029 – 2034,” ungkapnya. (berbagai sumber)

    Baca Juga :   Nasabah Bank Kalsel, Robainah Raih Undian Tabungan Simpeda Rp 50 Juta

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI