Sering Dikonsumsi Saat Cuaca Panas, Ini 7 Manfaat Air Kelapa

    WARTABANJAR.COM Saat cuaca panas, salah satu minuman yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia adalah air kelapa.

    Kesegaran air kelapa menjadi alasan untuk menghilangkan dahaga di saat cuaca panas seperti sekarang.

    Di balik kesegaran air kelapa, ada begitu banyak manfaat.

    Salah satu Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sumenep dr H Slamet Riadi menjelaskan bahwa karbohidrat yang terkandung dalam air kelapa mudah dicerna karena sudah dalam bentuk gula dan elektrolit.

    “Itu sebabnya, air kelapa sering dianggap sebagai sumber elektrolit yang baik. Kandungan elektrolit di dalam kelapa sering digunakan untuk mencegah maupun menangani dehidrasi. Cocok dikonsumsi oleh kita di musim kemarau seperti sekarang ini,” ujarnya kepada NU Online, Senin (9/10/2023).

    Secara medis, lanjutnya, air kelapa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia yaitu.

    1. Meningkatkan kesehatan jantung Mengutip jurnal ilmiah berjudul The Effect of Coconut Water (Cocos nucifera L) and An Isotonic Drink on The Change of Heart Rate Frequency in The Rats Induced Hypertension oleh Procedia Chemistry Journal, dokter Slamet menyebutkan air kelapa bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.
    “Mengonsumsi air kelapa, juga dapat mencegah tekanan darah tinggi, membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan,” ujarnya. Selain itu juga, minuman sehat ini bisa memulihkan tekanan darah tinggi yang terjadi karena pola makan yang kaya akan fruktosa.

    2. Minuman olahraga dr Slamet mengatakan, air kelapa mengandung elektrolit alami. Dalam satu cangkir, minuman ini setidaknya mengandung 404 miligram kalium.

    Baca Juga :   Cek Ramalan Karir Zodiak Hari ini 5 Juli 2024: Taurus Teliti Strategimu, Gemini Ada Peluang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI