Ingin Tingkatkan Kecerdasan Otak, Coba 7 Makanan yang Mudah Didapat Ini

    WARTABANJAR.COM – Beberapa makanan tertentu diyakini bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

    Sel-sel otak mulai berkembang pesat dimulai saat bayi masih berada di dalam rahim. Otak mereka terus tumbuh selama masa bayi, seiring dengan berkembangnya fungsi motorik seperti keseimbangan dan koordinasi.

    Untuk itu makanan sangat penting perannya untuk menumbuh kembangkan otak seseorang sehingga bisa berfungsi maksimal.

    BACA JUGA: Cegah Penyakit Jantung, Rutin Konsumsi Tujuh Makanan Ini

    Kenapa makanan begitu penting untuk otak?

    Pasalnya otak merupakan pusat kendali tubuh yang memungkinkan seseorang untuk bergerak, berpikir, bernapas, dan melakukan berbagai kegiatan. Nah, makanan yang sehat bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak.

    Otak adalah organ yang sangat penting. Oleh karena itu, penting juga untuk menyediakan “bahan bakar” dan nutrisi yang berlimpah untuk membantunya berfungsi dengan baik dan tetap sehat.

    Sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan Public Health Nutrition menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, flavanol, polifenol, dan asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi otak Anda.

    Jenis makanan ini dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kesehatan otak secara keseluruhan.

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah makanan untuk kecerdasan otak, diantaranya:

    Susu

    Susu dan olahannya sangat baik dalam menutrisi dan mencerdaskan otak. Susu mengandung protein tinggi, vitamin D, dan vitamin B yang berperan aktif dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel di otak.

    Semua nutrisi penting adalah kunci untuk pengembangan sistem neuromuskuler, neurotransmiter, enzim, dan jaringan otak. Anak-anak dan remaja sedang dalam tahap pertumbuhan sehingga mereka membutuhkan banyak konsumsi makanan untuk kecerdasan otak.

    Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber vitamin E. Semakin bertambahnya usia, orang memerlukan asupan vitamin E untuk tetap menjaga performa otak. Kacang-kacangan atau biji-bijian bisa dijadikan makanan ringan sebagai camilan selingan.

    Jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi antara lain kenari, hazelnut, almond, kacang mete, kacang tanah, biji bunga matahari, biji chia, dan wijen. Kacang atau biji dapat dikonsumsi dalam bentuk apapun dan sebaiknya hindari kacang atau biji yang rasanya asin.

    Telur

    Makanan untuk kecerdasan otak yang pertama adalah telur. Panganan ini tergolong makanan yang mudah didapat dan harganya relatif murah.

    Tak diragukan lagi telur kaya akan protein yang baik untuk kesehatan. Bahkan, kuning telur mengandung kolin yang sangat baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak.

    Ikan berlemak

    Jenis ikan berlemak seperti salmon, trout, tuna, dan ikan sarden merupakan makanan untuk kecerdasan otak. Ikan-ikan ini tinggi akan kandungan asam lemak omega-3.

    Mengutip Healthline, omega 3 berfungsi untuk membentuk otak dan sel saraf sehingga asam lemak ini penting untuk fungsi belajar dan mengingat.

    Buah beri

    Buah beri, terutama blueberry bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Buah beri menyumbangkan nutrisi penting bagi tubuh, termasuk vitamin C, vitamin K, mangan, dan fitonutrien. Nutrisi ini membantu merangsang aliran darah dan oksigen di otak, sehingga meningkatkan konsentrasi.

    Sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan dalam Public Health Nutrition menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung berbagai sayuran dan buah-buahan, seperti blueberry, dikaitkan dengan penurunan risiko gangguan kognitif terkait usia, demensia, dan penyakit Alzheimer.

    Brokoli

    Sayuran hijau seperti brokoli mudah ditemukan dalam sajian sup atau masakan lain. Diperkaya dengan antioksidan, brokoli juga kaya akan vitamin K.

    Vitamin K merupakan vitamin larut lemak yang penting untuk membentuk sfingolipid atau tipe lemak yang membungkus sel-sel otak. Sejumlah studi menghubungkan asupan vitamin K dengan ingatan yang lebih baik.

    Selain vitamin K, brokoli juga mengandung komponen antiinflamasi dan efek antioksidan sehingga membantu melindungi otak dari kerusakan.

    BACA JUGA: 8 Makanan dan Kudapan Sehat untuk Penderita Asam Lambung, GERD

    Alpukat

    Buah satu ini kerap dijadikan alternatif minuman jus atau bahkan sebagai pendamping salad.

    Alpukat memang mengandung lemak. Namun, kandungan lemak yang ada dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang berkontribusi pada kesehatan aliran darah.

    “Dan aliran darah yang sehat berarti otak sehat,” kata Ann Kulze, penulis Dr. Ann’s 10-Step Diet: A Simple Plan for Permanent Weight Loss; Lifelong Vitality dikutip dari WebMD.

    Dia menyarankan konsumsi seperempat atau setengah alpukat ke dalam asupan makanan sehari hari.(wartabanjar.com/berbagai sumber)

    editor: didik tm

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI