Ayo Buang Racun yang Bikin Penyakit dengan 10 Makanan Pembersih Darah Ini!

    WARTABANJAR.COM Pembuluh darah memainkan fungsi vital untuk mendistribusikan oksigen, nutrisi, dan hormon ke seluruh tubuh.

    Namun, kondisi tertentu bisa menyebabkan pembuluh darah tersumbat oleh plak. Kondisi tersebut bisa membuat seseorang terserang stroke dan sakit jantung.

    Untuk menghindari risiko terkena penyakit tersebut, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan tidak merokok. Hal tersebut dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 82 persen.

    Darah bertanggung jawab mengangkut semua jenis bahan ke seluruh tubuh, mulai dari oksigen, faktor pembekuan, gula, lemak, dan sel-sel imun. Untuk itu, penting agar menjaga darah tetap bersih.

    Alih-alih hanya berpaku pada organ hati dan ginjal menjalankan fungsinya, Anda juga bisa melakukan beberapa cara membersihkan darah secara alami.

    Pada dasarnya, tak ada satu pun makanan ajaib pembersih darah yang dapat mendorong proses detoksifikasi. Yang terpenting hanyalah pola makan sehat dan seimbang.

    Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memengaruhi kemampuan hati dan ginjal dalam membersihkan darah dari paparan limbah serta racun.

    Berikut makanan dan minuman pembersih darah:

    1. Air
    Terhidrasi dengan baik adalah cara terbaik untuk meningkatkan kinerja ginjal. Mengutip Healthline, organ satu ini bergantung pada air dalam menghilangkan limbah dari tubuh.

    Selain itu, air juga membantu menjaga pembuluh darah tetap terbuka sehingga darah dapat bergerak bebas.

    Ingat, dehidrasi parah dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

    Umumnya, orang disarankan untuk mendapatkan asupan delapan gelas atau setara dengan 2 liter air per hari.

    2. Brokoli
    Sayuran silang seperti brokoli sangat direkomendasikan untuk orang dengan masalah ginjal. Brokoli kaya antioksidan dan sangat bergizi.

    Dengan ginjal yang sehat, limbah dan racun dalam darah pun bisa terbuang.

    3. Blueberry dan cranberry
    Blueberry dan cranberry kaya akan antioksidan yang dapat melindungi hati dari kerusakan.

    Secara khusus, cranberry juga telah terbukti mencegah bakteri yang menempel pada saluran kemih. Dengan ini, ginjal tetap sehat terbebas dari infeksi dan dapat membuang limbah dengan baik.

    4. Kopi
    Studi menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko sirosis pada orang dengan penyakit hati kronis.

    5. Bawang putih
    Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi. Bumbu dapur satu ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol sendiri merupakan salah satu limbah dalam darah.

    6. Apel
    Apel mengandung serat larut pektin dalam jumlah tinggi. Serat jenis ini membantu mengatur kadar gula darah darah. Kadar gula yang tinggi dapat merusak dan mengganggu fungsi ginjal.

    7. Teh hijau
    Studi menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan hati serta mengurangi timbunan lemak di organ tersebut.

    8. Teh rosella
    Teh rosella atau kembang sepatu telah terbukti memiliki efek diuretik pada tubuh dan dapat membantu tugas penyaringan ginjal.

    9. Bit
    Bit menjadi sumber alami nitrat dan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di hati. Mengutip NDTV, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa jus bit dapat membantu meningkatkan produksi enzim yang secara alami mendorong proses detoksifikasi darah.

    9. Sayuran hijau
    Sayuran hijau juga jadi makanan pembersih darah. Sayuran hijau seperti kangkung, selada, bayam, dan sawi dapat memastikan aliran darah yang sehat.

    Sayuran hijau juga bertanggung jawab untuk meningkatkan enzim di hati yang membantu proses detoksifikasi darah.(wartabanjar.com/berbagai sumber)

    editor : didik tm

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI