Bingung Mau Liburan Akhir Tahun Kemana? Cari yang Dekat dan Murah Saja, ini 2 Destinasi Wisata Alam Cantik di Hulu Sungai Tengah

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN-Tak lama lagi libur akhir tahun segera tiba. Walau kondisi masih pandemi Covid-19, namun tak ada salahnya berlibur sejenak untuk melepas penat. Tak perlu jauh, bagi yang di Kalimantan Selatan, khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah bisa memilih berlibur ke tempat-tempat wisata ini.

Mengusung tema alam, tentunya bisa membuat pikiran rileks sejenak. Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini dua tempat wisata alam di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang bisa dinikmati.

Kampung Bambu Tandilang

Kampungย Bambuย Tandilang berlokasi di Kecamatan Batang Alai Timur, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Waktu tempuhnya sekitar 49 menit dari ibu kota HST, Barabai. Tempat wisata ini cukup sering dikunjungi oleh masyarakat, baik dari HST maupun luar daerah.

Tempat wisata kampung bambu ini tergolong memiliki panorama indah dengan luas areanya sekitar empat hektar. Sesuai namanya yakni kampung bambu, maka tempat wisata ini dipenuhi aneka bambu yang diolah menarik mungkin.

Ada beberapa lokasi berfoto yang bertema bambu, dilengkapi dengan panorama alam berupa pepohonan dan pegunungan di sekitarnya. Tarif masuknya tergolong murah, yaitu Rp 10 ribu, sedangkan parkirnya Rp 5 ribu.

Manggasang

Tak kalah menariknya dengan Kampung Bambu Tandilang, lokasi wisata alam lainnya di HST adalah Manggasang di Desa Batu Tunggal, Kecamatan Hantakan, Barabai, HST. Objek wisata ini menawarkan pemandangan air yang mengalir dari sumber pegunungan menyegarkan. Pemandangannya sangat indah karena airnya mengalir di antar bebatuan alam yang eksotis, ada juga yang membentuk air terjun kecil.ย 

Guna memanjakan pengunjung, disediakan juga fasilitas cuci kendaraan gratis. Anda tinggal arahkan kendaraan Anda ke area yang landai hingga mencapai aliran sungai di tepinya. Setelah itu tinggal cuci sendiri dengan alat cuci motor manual.ย 

Baca Juga :   Viral Anak Diduga Disiksa Ayah dan Ibu Tiri Kabur 'Ngesot' Kaki dan Tangan Diikat, Lapor Polisi Malah Dikembalikan

Harga tiket masukmurah, yaitu Rp 5000. Kendaraan bisa di bawa masuk atau dititipkan di tempat parkir luar. Jika bukan hari besar, seperti Hari Raya. Kendaraan yang dibawa masuk bebas tanpa biaya tambahan.

Fasilitas lainnya ada warung makan,ย  tempat parkir dan toilet. terkadang ada juga penjaja pentol yang jualan di sana. Jika ingin beribadah seperti shalat, Anda bisa menuju masjid atau musala terdekat dari lokasi wisata. (brs)

Editor: Yayu Fathilal




BERITA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU HARI INI