Beredar Foto Bioskop Rex Theater di Media Sosial, Potret Kejayaan Bioskop di Banjarmasin Tempo Doeloe

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN-Kota Banjarmasin termasuk kota tua di Indonesia. Kendati kini telah didominasi bangunan modern, namun masih ada sisi peninggalan zaman dulunya. Di antaranya adalah Rex Theater.

Sebuah foto Banjarmasin tempo dulu beredar di media sosial, menampilkan pemandangan depan satu bioskop ternama kala itu, yakni Rex Theater yang di kemudian hari berubah nama menjadi Bioskop Ria. Di foto itu, tampak sebuah poster film yang sedang diputar, yaitu Bal Tabarin.

Film itu, berdasarkan data dari Wikipedia adalah film Hollywood besutan sutradara Philip Ford yang dirilis pada 1 Juni 1952. Dibintangi oleh beberapa aktor tenar Hollywood kala itu, film tersebut bercerita tentang pertunjukan kelompok penari kabaret ternama Perancis bernama Bal Tabarin.

Menurut akun Twitter yang meunggah foto Rex Theater ini pada Minggu (30/11/2020), Potret Lawas, Rex Theater Banjarmasin adalah bioskop besar dan terkenal di Banjarmasin kala itu. “Menurut catatan Pangeran Muhammad Noor (1972), Rex yang termasuk bioskop terbesar di Banjarmasin bertukar nama jadi Ria Theater,” tulisnya.

Lokasinya di Jalan Hasanuddin HM, Banjarmasin. “Letaknya di pertigaan jalan Hasanuddin, tak jauh dari pasar Sudimampir. Kini terbengkalai sepertinya,” lanjutnya.

Menurut website Visit Kalsel, lokasinya diperkirakan di sekitar pertigaan Jalan Hasanuddin HM dan Jalan Lambung Mangkurat. Sekarang di jalan itu lebih didominasi perkantoran seperti Bank BCA, BRI, BNI, Garuda Indonesia, Bank Indonesia dan pertokoan serta pasar. (brs)

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini