Spanyol Bakal Akui Palestina Sebagai Negara, Beberapa Bulan Mendatang

    WARTABANJAR.COM, – Pengakuan Palestina sebagai sebuah negara satu persatu dilakukan sejumlah negara di Eropa. Kali ini giliran Spanyol yang siap menyatakan pengakuan tersebut kepada publik.

    Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan, negaranya dalam waktu dekat akan mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Seperti dilansir Wartabanjar.com dari Anadolu, Sanchez mengatakan pengakuan Palestina secara resmi itu akan dilakukannya sebelum bulan Juli 2024.

    Bahkan, Sanchez juga akan segera melakukan tur Eropa meyakinkan negara-negara lainnya untuk melakukan hal serupa.

    “Jika masyarakat internasional tidak dapat membantu negara Palestina, maka akui keberadaannya,” ujar Sanchez dalam sidang parlemen negara itu, Kamis (11/04/2024).

    Perdana Menteri Partai Sosialis itu menambahkan, pengakuan terhadap Palestina adalah tindakan yang sesuai keadilan. Hal itu juga sesuai dengan tuntutan mayoritas sosial dan demi kepentingan geopolitik Eropa.

    Baca juga: Korlantas Polri Sebut Laka Lantas Menurun Jelang Lebaran?

    Meskipun usulan pemerintah minoritas untuk mengakui Palestina, kemungkinan besar akan mendapat dukungan mayoritas di parlemen. Namun partai oposisi utama di negara tersebut kemungkinan besar tidak akan mendukung usulan tersebut.

    Namun usulan itu bakal mendapat hambatan dari pemimpin Partai Popular Alberto Nunez Feijoo. Dirinya justru mendukung solusi dua negara dan tidak setuju dengan pendekatan Sanchez. Feijoo menekankan perlu pandangan dari para pemimpin konservatif Eropa lainnya.

    “Pengakuan tersebut harus merupakan hasil dari proses negosiasi dan juga harus dilakukan secara bulat oleh banyak negara yang lebih berpengaruh,” kata Feijoo.

    Baca Juga :   Eks Menteri Transportasi Singapura Segera Disidang, Bukti Termasuk Gratifikasi Tiket Nonton F1

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI